Sukses

Posisi meja kerja terlalu tinggi dibandingkan kursi

06 Jan 2015, 09:09 WIB
Pria, 25 tahun.

malam dok saya mau tanya, kalo saya mengalami baal di jari tangan terus nyeri pada otot antara leher dan bahu(trapezius bilateral), sama otot lengan bawah, leher terasa nyeri kalo kepala diputar maksimal ke arah samping dan dimiringkan, apakah tempat bekerja saya berpengaruh dengan penyakit ini karna posisi meja terlalu tinggi dibandingkan kursi, sehingga saya harus mengangkat lengan tinggi2 dan memiringkan badan, apakah penyakit yang saya derita dok, terimakasih sebelumnya..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apa yang Anda derita kemungkinan merupakan Kelelahan kerja yang cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik (tidak ergonomis).

Kursi dan meja kerja yang buruk adalah penyebab kerja otot statis dan posisi tubuh yang tidak alamiah. Maka syarat-syarat bangku kerja yang benar adalah sebagai berikut :

  • Tinggi area kerja harus sesuai sehingga pekerjaan dapat dilihat dengan mudah dengan  jarak optimal dan sikap duduk yang enak. Makin kecil ukuran benda, makin dekat jarak lihat optimal dan makin tinggi area kerja.
  • Pegangan, handel, peralatan dan alat-alat pembantu kerja lainnya harus ditempatkan sedemikian pada meja atau bangku kerja, agar gerakan-gerakan yang paling sering dilakukan dalam keadaan fleksi.
  • Kerja otot statis dapat dihilangkan atau sangat berkurang dengan pemberian penunjang siku, lengan bagian bawah, atau tangan. Topangan-topangan tersebut harus diberi bahan lembut dan dapat di stel, sehingga sesuai bagi pemakainya

Tempat duduk harus dibuat sedemikian rupa, sehingga orang yang bekerja dengan sikap duduk mendapatkan kenyamanan dan tidak mengalami penekanan-penekanan pada bagian tubuh yang dapat mengganggu sirkulasi darah. · Tinggi permukaan atas meja dibuat setinggi siku dan disesuaikan dengan sikap tubuh pada saat bekerja. Daerah pandangan yang jelas bila pekerja berdiri tegak dan diukur dari tinggi mata adalah 0-30° vertical kebawah, dan 0-50° horizontal ke kanan dan ke kiri.

Sebaiknya Anda berdiskusi dengan atasan Anda mengenai kenyamanan di tempat bekerja ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar