Sukses

Tangan Sering Kesemutan

23 Dec 2014, 10:22 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok... saya habis melahirkan tgl 5 agustus kmaren... jd skrang ke 2 tangan saya sering mengalami ksemutan , bahkan jari manis sbelah kanan saya kalo pas tidur dan bangun2 kaku n susah d lurusin. kalo y kiri bgun2 trasa kebas. kadang shari2 saya susah beraktftas normal, sperti nyuci dan motong bawang gt trasa ksemutan. mgkin ne karna saya slalu mengendong dan menyusui anak. dan apakah ne normal ato gmn ya dok? mkasih dok

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya kami ingin menanyakan beberapa pertanyaan yang terkait dengan kondisi Anda, sejak kapan keluhan tersebut dialami? Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti lemas, nyeri atau bengkak pada bagian tubuh terkait? Apakah pernah mengalami trauma/cedera pada tangan yang mengalami keluhan? apakah Anda memiliki penyakit metabolik atau kronis seperti darah tinggi, diabetes melitus, osteoartritis atau asam urat?

Hal-hal tersebut perlu kami ketahui karena banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kebas/kesemutan pada anggota badan. Kesemutan atau parestesia dalam ilmu kedokteran, adalah sensasi pada permukaan tubuh tertentu yang tidak dipicu rangsangan dari dunia luar. Sensasi tersebut adalah sensasi rasa dingin atau panas di suatu bagian tubuh tertentu, atau sensasi rasa dirambati sesuatu. Parestesia itu timbul bila terjadi iritasi pada serabut saraf yang membawa sensasi kesemutan.

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan, misalnya, saat duduk bersimpuh atau menekuk kaki terlalu lama ataupun tangan tertindih saat tidur, maka syaraf dan aliran darah terganggu. Selain itu frekuensi nafas yang cepat, serangan panik dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kesemutan. Umumnya kesemutan akan mereda jika bagian tubuh yang mengalaminya digerakkan. 

Struktur lain yang dapat menyebabkan terjadinya kesemutan adalah adanya gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Beberapa penyakit penyebab timbulya kesemutan diantaranya adalah diabetes melitus, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik.

Carpa Tunnel Syndrome adalah penyebab tersering gangguang syaraf pada tangan yang gejala utamnya adalah kesemutan dan nyeri, terutama pada 3 jari terluar (kelingking, jari manis, jari tengah). Pada diabetes melitus, kesemutan bisa terjadi akibat gangguan aliran darah ke pembuluh darah perifer(tepi). Sedangkan pada rematik, kesemutan umumnya disertai gejala nyeri serta kekakuan sendi, terutama sendi-sendi kecil.

Kesemutan merupakan hal yang wajar terjadi dan akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut. Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan Anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke Dokter Spesialis Saraf atau Spesialis Penyakit Dalam untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk menegakkan diagnosis dan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar