Sukses

Cara Mengatasi Panu

05 Nov 2014, 16:16 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok. Saya mau tanya, ini kulit saya knp ya? Panu saya ga sembuh" padahal udh dikasih obat segala macem, tp tetep muncul lagi. Klo mandi saya 2 kali sehari. Tp tetep aja dok. apa ini faktor dari lahir ya? pertama muncul itu bercak hitam" ntar gatal, klo di garuk jadi putih, kaya burik gitu, terus lama kelamaan jadi panu. saya mengalami ini waktu dulu sd sampe umur 19 sekarang. cara mengatasinya gimana ya dok? Aq udh ga tahan banget ini. Ga sembuh". mohn saranya dok. terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pitiariasis versikolor atau lebih dikenal oleh panu adalah suatu penyakit jamur kronis yang disebabkan oleh flora normal kulit bernama Malassezia furfur. Faktor pemicu timbulnya kondisi ini adalah suhu, kelembaban udara, keringat atau defisiensi imun.

Berikut adalah gejala penyakit panu:

  • Bercak berwarna putih hingga coklat kehitaman, berskuama halus
  • Bercak timbul dengan beragam bentuk dan ukuran
  • Menyerang badan, kadang-kadang ketiak, lipatan paha, tungkai atas, leher, muka dan kulit kepala yang berambut
  • Dapat disertai rasa gatal.

Apakah Anda mengalami satu atau lebih dari gejala di atas?

Pengobatan harus dilakukan secara menyeluruh, tekun dan konsisten. Terapi yang dipakai adalah sebagai berikut :

  • Suspensi selenium sulfide (selsun) dapat dipakai sebagai sampo 2-3 kali semingggu. Obat digosokkan pada lesi dan didiamkan 15-30 menit sebelum mandi
  • Obat topikal anti jamur seperti salisil spiritu 10%, derivat azol (mikonazol, klotrimazol, isokonazol dan ekonazol), sulfir presipitatum dalam bentuk bedak kocok 4-20%, tolsiklat, tolnaftat, dan haloprogin
  • Apabila sulit disembuhkan, biasanya Dokter akan memberikan obat oral anti jamur yang harus dikonsumsi selama 10 hari.

Untuk memastikan apakah Anda menderita panu atau tidak, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter. Sebuah diagnosa akan dapat ditegakkan hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar