Sukses

Bintik Putih pada Penis

24 Dec 2014, 22:41 WIB
Pria, 20 tahun.

dok,disekitar batang penis saya ada bintik2 putih dgn bulu2 halus tp tidak ada nyeri.sya tdk prnah hub. sex,penyebab dan solusinya apa ya dok? trimakasih,.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai keluhan Anda mengenai bintik putih pada penis, sayang sekali sulit bagi kami untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung. Selain itu perlu diketahui konsistensi, jenis bintik (apakah berisi cairan bening/nanah/padat), daerah kulit sekitar, apakah membesar atau menetap ukurannya dan informasi lainnya mengenai keluhan Anda. Banyak sekali penyebab bintik pada penis, mulai dari iritasi kulit biasa sampai infeksi yang perlu diobati. 

Untuk infeksi jamur pada penis akan terlihat Bintil-bintil berdinding tipis dan berisi cairan nanah. Lokasinya biasanya terletak di daerah kepala penis dan lekukan kepala penis. Penyakit ini disebabkan karena infeksi jamur dan didapatkan dari kontak seksual dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur. Jadi, sangat disarankan untuk berhati-hati bagi Anda yang mempraktikkan gaya hidup seks bebas.

Penanganan IMS ini sebenarnya harus segera, supaya infeksi yang terjadi tidak naik ke organ reproduksi atas dan menyebabkan ketidaksuburan atau dalam kasus HIV, menyebabkan kematian.

Maka, ada 3 hal yang harus segera dilakukan:

  1. Segera mencari pertolongan medis. Jangan bertanya pada teman atau diobati sendiri dengan dosis dan aturan pakai yang salah karena nanti dapat menyebabkan penyakit lebih parah dan harus diobati dengan obat yang lebih kuat.
  2. Jujur dengan dokter. Terbuka mengenai riwayat aktivitas seksual dengan segera kepada dokter agar dokter dapat segera menelusuri penyebab masalah kesehatan dan dapat memberikan pengobatan yang tepat.
  3. Terbuka dengan pasangan. Pada saat pengobatan perlu jujur dengan pasangan, karena partner seksual juga perlu diobati agar tidak terjadi infeksi berulang. Selain itu, hal ini menyangkut pantangan saat pengobatan yaitu tidak boleh berhubungan sama sekali selama pengobatan

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk wawancara medis menyeluruh dan pemeriksaan fisik langsung.

Berikut kami sertakan juga artikel untuk Anda: 9 Penyebab Bintik pada Penis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar