Sukses

Gangguan Telinga Setelah Menyelam

06 Jan 2015, 09:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

sekitar 3 minggu terakhir saya cukup rutin latihan menyelam (skin dive), namun pada 2 latihan terakhir saya ada kendala pada equalizing (menyamakan tekanan di telinga saat masuk ke kedalaman 3 meter atau lebih) sehingga mengakibatkan telinga saya berdenging sebentar seusai latihan, namun bisa kembali seperti semula saat saya sudah berada di permukaan air. namun, baru saya sadari bahwa beberapa hari terakhir telinga saya sering berbunyi sendiri, bukan berdenging, tapi lebih seperti suara ada yang menutup lalu setelah saya menelan ludah keadaannya sudah bisa normal kembali. apakah hal ini wajar atau tidak? karena saat saya bertanya kepada teman/senior diving saya, mereka mengaku tidak mengalami hal ini karena tidak ada kendala saat equalizing di dalam air. Terima Kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam dunia kedokteran kondisi ini disebut sebagai barotrauma, yaitu cedera telinga akibat perubahan tekanan udara. Perubahan tekanan udara yang cepat menyebabkan gendang telinga meregang dan tertarik ke dalam, inilah yang menyebabkan nyeri.

Untuk mengurangi gejala pada barotrauma Anda dapat melakukan hal di bawah ini:

  • menguap
  • mengunyah permen karet
  • latihan pernapasan
  • menggunakan antihistamin dan dekongestan (sesuai petunjuk dokter)

Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap telingan Anda sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar