Sukses

Wasir saat Hamil, Apakah Bisa Melahirkan Normal?

25 Dec 2014, 14:38 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam Dok, saya iis Alhamdulillah sedang mengandung 5 bulan, semenjak saya kelas 2 SMP (mohon maaf) di daerah pinggiran dubur saya ada benjolan kurang lebih sebesar kacang tanah, saat itu diperiksa oleh dokter di puskesmas dan diberitahukan bahwa saya kekurangan serat dan diberi obat berupa peluru dan salep, benjolan tersebut tidak pernah membesar justru cenderung mengecil bila saya rajin mengkonsumsi serat dan teratur (mohon maaf) Bab, dan terasa membesar bila saya sedang (mohon maaf) susah Bab, tetapi saat hamil ini saya khawatir karena setelah saya cari melalui informasi di internet bahwa benjolan itu disebut juga wasir. Mohon maaf Dok, bagi ibu hamil yang terkena wasir apakah dapat diusahakan melahirkan melalui persalinan normal?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus.Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur.Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal. Hemorrhoid jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Pada keadaan ini umumnya penderita akan mengeluhkan nyeri yang lebih hebat dan dapat disertai perdarahan.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Saat ini apakah benjolan masih dapat mesuk spontan?Apakah saat ini Anda ada keluhan? Sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter untuk diketahui kondisi hemorrhoid Anda.Karena hemorrhoid terbagi beberapa derajat.Bila sudah parah tentunya membutuhkan penanganan lebih lanjut hingga operasi.

Bila memang kondisi hemorrhoid  Anda masih yang ringan, tidak masalah bila anda ingin melahirkan secara normal. Hemorrhoid tersebut tidak akan berpengaruh buruk pada bayi anda, namun proses persalinan normal itu sendiri memang dapat memperberat hemorrhoid Anda. Kami sarankan sebaiknya anda mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar