Sukses

Solusi Maag

24 Dec 2014, 22:54 WIB
Pria, 21 tahun.

saya sering sakit maag dok, makanan apa yang pantang dimakan. jika lambung kumat saya meminum obat OMEPRAZOLE atau INPEPSA. apa sudah benar obat yang saya minum? 

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sakit maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah.

Hal hal yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung diantaranya stress, konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, dan merokok. Oleh karena itu usahakanlah untuk selalu makan tepat waktu agar Anda terhindar dari nyeri maag. Sesuai dengan pertanyaan Anda, memang ada kaitannya antara stress dengan maag atau gastritis.

Berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gastritis Anda :

  • Hindari makanan pedas, asam, dan berlemak
  • Hindari konsumsi alkohol, rokok, dan soda
  • Hindari stres
  • Makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar
  • Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. 

Pemberian obat-obatan pada penyakit maag kronis harus mendapat pengawasan dokter. Karena keterbatasan pemeriksaan fisik langsung, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai kondisi Anda. Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar