Sukses

Hidung Gatal, Pilek dan Batuk Berulang

24 Dec 2014, 22:23 WIB
Wanita, 27 tahun.

Anak gatal pada hidung, pilek dan batuk berdahak terus

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang. 

Apabila batuk yang Anda alami sudah berlangsung lebih dari 14 hari maka dapat dikategorikan sebagai Batuk Kronik Berulang (BKB). BKB dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah infeksi virus (bronkiolitis), TBC, alergi, atau asma. Masing masing penyebab memiliki karakteristik masing-masing.

Alergi adalah gangguan dari sistim kekebalan tubuh yang dicetuskan oleh alergen atau zat pencetus alergi. Alergi dalam hal ini adalah hipersensitivitas terhadap alergen. Faktor risiko dari alergi diantaranya adalah ras, genetik (keturunan), jenis kelamin, usia, dan lingkungan (infeksi, polusi, makanan, kadar alergen). Kemungkinan batuk karena laergi menjadi salah satu pertimbangan penyebab dari batuk-pilek berulang pada anak Anda. 

Manifestasi Batuk Kronik Berulang dapat mengarah kepada asma di kemudian hari. Ditunjang lagi dengan adanya salah satu manifestasi alergi lainnya yaitu rinitis alergi (pilek). Apabila dicurigai bahwa alergi yang dapat mengarah ke asma menjadi salah satu penyebabnya, maka tindakan yang dapat dilakukan adalah melakukan tes alergi guna mengetahui apa saja penyebab dari  alergi tersebut, selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan rontgen dada dan juga pemeriksaan uji fungsi paru(bila anak bisa).

Apabila batuk yang anak Anda alami disebabkan oleh proses alergi, maka pengobatan yang paling tepat adalah menghindari paparan alergen, zat atau bahan yang dapat mencetuskan alergi. Selain itu, kebersihan lingkungan dan tempat tinggal juga besar pengaruhnya untuk mencegah timbulnya alergi yang berulang terutama dari paparan debu. Hindari penggunaan karpet, bantal ataupun boneka yang berbulu. Apabila terdapat barang-barang tersebut, pastikan kebersihannya dengan rutin mencuci ataupun melakukan sedot debu. Apabila anak Anda memiliki alergi terhadap udara yang dingin, hindari penggunaan AC dengan suhu rendah dan jaga kelembaban udara ruangan yang anak Anda gunakan serta gunakan pakaian yang cukup hangat. Untuk itu perlu diketahui faktor pencetus timbulnya alergi anak Anda. Selain menghindari faktor pencetus, terkadang diperlukan pemberian obat-obatan anti alergi seperti antihistamin.

Apabila batuk tersebut terjadi terus menerus dan semakin berat, kami sarankan Anda mengkonsultasikan kondisi Anak Anda dengan dokter anak Anda, karena untuk mengetahui apakah penyebab batuk berulang pada Anda haruslah terlebih dahulu dilakukan anamnesis(wawancara medis) lengkap, pemeriksaan fisik, dan kalau perlu pemeriksaan penunjang. Karena pemberian pengobatan untuk keluhan ini dapat berbeda tergantung dari masing-masing penyebab dan kasus.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar