Sukses

Gigi Ngilu dan Berubah Warna

11 Nov 2014, 18:22 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, sdh 4bln terakhir gigi dpan sy sering terasa ngilu,trs skrg malah ad salah satu gigi yg menunjukkan perubahan warna mnjdi keabu2an, knpa ya dok, terus bgaimana cara mengobatinya? Trmksh

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Timbulnya rasa ngilu pada gigi merupakan suatu tanda gigi sensitif/ dentin hipersensitif, dimana rasa ngilu ini dapat terjadi karena adanya suatu rangsangan, rangsangan tersebut dapat berupa suhu, taktil, osmotik dan khemis. Penyebab yang paling umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya, permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera.  Mengatasi gigi sensitif ini dapat dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, tetapi apabila keadaan masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi.

Perubahan warna kehitaman dapat merupakan tanda gigi telah mati atau nonvital. Apakah perubahan warna pada gigi menjadi kehitaman disertai goyangya gigi? Apakah terdapat lubang pada gigi tersebut ?, atau pernah terjadi benturan? Ataukah selama ini terjadi kontak prematur antara gigi taring tersebut dengan gigi lawannya? Karies (lubang gigi) dan benturan yang cukup keras merupakan dua hal yang dapat menyebabkan kematian pada jaringan syaraf gigi. Meski demikian, gigi tersebut masih mungkin untuk dipertahankan namun harus segera mendapat perawatan, yaitu dengan perawatan syaraf gigi. Namun jika sudah tidak memungkinkan, maka gigi terpaksa dicabut. Untuk menggantinya dapat dibuatkan gigi tiruan, seperti gigi tiruan jembatan. Mengenai biayanya tidak dapat saya pastikan karena perawatan gigi di masing-masing dokter gigi bisa berbeda-beda.

Berikut artikel yang dapat menambah informasi untuk Anda, seputar gigi sensitif

Inilah 7 Tips Gigi Sensitif

Satu dari Delapan Orang Menderita Gigi Sensitif

Mengunyah Saat Tidur, Penyebab Gigi Sensitif

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar