Sukses

Keluhan Memar Yang Hilang Timbul

28 Oct 2014, 14:34 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok saya mau tanya,istri saya sudah lama mengalami memar2 di kaki kanan & kirinya,lebih tepatnya bagian lutut kebawah sekitar betis & tulang kering.terkadang memar tsb hilang,berkurang & tiba2 bertambah banyak.Indikasinya diawal memerah,jika ditekan sakit kelamaan membiru.apabila pulang kerja & kondisi cape memar tsb akan muncul & bertambah.Sudah pernah diperiksakan ke dokter umum & cek darah..Alhmdlh bagus & kata Dokter tsb mgkn alergi & diminta test alergi.Bagaimana cara menyembuhkan Dok?berdasarkan literatur yg sy baca itu spt "purpura simplex" ya Dok?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda dan istri Anda. Purpura merupakan area berwarna kemerahan atau keunguan yang timbul sebagai akibat pecahnya pembuluh darah di bawah kulit, dengan ukuran sekitar 3 mm - 1 cm. Purpura dapat merupakan gejala suatu penyakit atau kelainan pada proses pembekuan darah akibat faktor genetik. Bagaimanakah ukuran memar yang dialami oleh istri Anda? apakah disertai rasa gatal? apakah terdapat keluhan lain seperti mimisan, demam, dan lainnya? apakah istri Anda saat ini sedang hamil, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu?

Sebagian besar memar muncul karena trauma atau benturan yang tidak disengaja. Individu yang mudah mengalami memar perlu ditelusuri lebih lanjut adanya gangguan hemostasis (pembekuan darah) ataupun penyakit sistemik yang mendasari. Faktor yang mempengaruhi proses pembekuan tersebut antara lain trombosit (keping darah), faktor-faktor koagulasi, sel endotel pembuluh darah, dan lainnya. Kelainan yang berkaitan dengan gejala memar dapat dibagi sesuai dengan sebab perdarahan antara lain: proses penuaan, penggunaan obat steroid, Ehlers-Danlos syndrome, penyakit jaringan ikat, Hereditary hemorrhagic telangiectasia, Vasculitis, penyakit Myeloproliferative, penyakit autoimun, kelainan protein koagulan, efek samping obat, defisiensi vitamin K, dan sebagainya.

Untuk mengetahui diagnosis dan tata laksana, diperlukan wawancara media lengkap beserta pertanyaan mengenai riwayat penyakit di keluarga, pemeriksaan laboratorium (seperti hitung darah lengkap, apusan darah tepi, PT dan aPTT). Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan istri Anda ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam konsultan Hematologi agar dapat dilakukan penelusuran lebih lanjut untuk penegakkan diagnosis, disertai tata laksana  optimal.

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar