Sukses

Radang Ketiak

25 Dec 2014, 11:09 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok,apakah radang ketiak itu memang ada? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Radang pada ketiak mungkin saja terjadi karena pada daerah tersebut banyak ditemukan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening terdiri dari sel-sel imunitas yang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang, sehingga bila terjadi infeksi maka kelenjar getah bening cenderung membesar. Tubuh kita memiliki kurang lebih sekitar 600 kelenjar getah bening, namun hanya di daerah bagian bawah rahang bawah rahang bawah, ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat. 

Pembesaran kelenjar getah bening dapat dibedakan menjadi lokal atau umum (generalized). Pembesaran kelenjar getah bening umum didefinisikan sebagai pembesaran kelenjar getah bening pada dua atau lebih daerah. Penyebab pembesaran kelenjar getah bening adalah: virus, bakteri. tumor, kanker, tuberkulosis (TBC), autoimun. Keganasan seperti leukimia, neuroblastoma, rhabdomyosarkoma dan limfoma juga dapat menyebabkan limfadenopati. Penyakit lainnya adalah kawasaki, penyakit kolagen, lupus. Obat-obatan juga menyebabkan limfadenopati umum.

Cara penanganan penyakit kelenjar getah bening tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya karena virus atau bakteri maka tidak memerlukan operasi, diperlukan obat antivirus atau antibiotik untuk menanganinya tergantung penyebab, seiring dengan perjalan penyakit dan pengobatan yang tepat, maka gejala pun akan menghilang. Namun jika penyebabnya adalah keganasan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan terapi yang optimal. Jika penyebabnya tumor jinak mungkin perlu dilakukan tindakan operasi. 

Dalam dunia medis juga ada yang dikenal sebagai hidradenitis suppurativa, yaitu pembengkakkan pada kulit yang merupakan suatu proses kronis pada daerah yang sering bergesekkan dan berambut (karena di daerah itulah kelenjar minyak berada), seperti ketiak, selakangan, payudara, dan lain-lain.

Kondisi yang kerap pula disebut dengan acne inversa ini biasanya disertai sensasi nyeri dan robek, sehingga mengeluarkan nanah yang berbau. Pada beberapa kasus, gangguan pada kulit ini dapat membuat “terowongan” yang menghubungkan rangkaian benjolan di bawah kulit.

Hidradenitis suppurativa cenderung muncul setelah masa puber, dalam jangka waktu yang lama hingga tahunan dan semakin lama semakin memburuk. Beberapa faktor yang memicu timbulnya kondisi ini adalah hormon, genetik, rokok, dan berat badan berlebih. Wanita berusia muda pun lebih mudah terkena kondisi ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga Bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar