Sukses

Batuk, Pilek, Nyeri Kepala Hingga Pipi dan Gigi

22 Dec 2014, 02:30 WIB
Wanita, 16 tahun.

dokter mau tanya saya sedang sakit flu dan batuk tapi kok kepala saya juga sering sakit bahkan menjalar ke pipi dan gigi, mohon solusinya terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Common cold (batuk-pilek, selesma) adalah suatu reaksi inflamasi saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Berbagai virus yang berbeda menyebabkan terjadinya common cold adalah Rhinovirus, Virus influenza A, B, C, Virus Parainfluenza dan Virus sinsisial pernafasan. Semuanyanya mudah ditularkan melalui ludah yang dibatukkan atau dibersinkan oleh penderita.

Gejalanya berupa sesak nafas dengan/ tanpa sumbatan hidung,  bersin-bersin, tenggorokan gatal, hidung meler, batuk, suara serak, lemas, sakit kepala, demam (biasanya ringan). Gejala biasanya akan menghilang dalam waktu 4-10 hari, meskipun batuk dengan atau tanpa dahak seringkali berlangsung sampai minggu kedua.

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan  tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.

Sudah berapa lama keluhan sakit kepala Anda rasakan? Kapan saja keluhan Anda muncul? Bagaimana sifat sakit kepala Anda? apakah Anda memiliki gigi yang bolong? apakah sakit kepala di seluruh bagian kepala atau hanya sebelah atau hanya bagian tertentu? Bagaimana sifatnya? (nyeri tumpul, berdenyut, berputar).

Berdasarkan data yang Anda paparkan, keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan mungkin disebabkan oleh adanya gangguan pada gigi geligi Anda ataupun karena gejala flu dan batuk yang Anda alami. Namun untuk memastikan apakah terdapat kerusakan atau gangguan pada gigi, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter gigi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi keluhan Anda :

  • Usahakan untuk beristirahat dan selalu dalam keadaan hangat dan nyaman, serta diusakahan agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain.

  • Makan makanan dengan gizi seimbang, banyak makan sayur dan buah-buahan

  • Jika terdapat demam atau gejala yang berat, maka penderita harus menjalani tirah baring di rumah.

  • Minum banyak cairan guna membantu mengencerkan sekret hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan/dibuang.

  • Untuk meringankan nyeri kepala atau demam dapat diberikan obat pereda rasa sakit/analgetik seperti asetaminofen atau ibuprofen.

  • Pada penderita dengan riwayat alergi, dapat diberikan antihistamin

  • Menghirup uap atau kabut dari suatu vaporizer bisa membantu mengencerkan sekret dan mengurangi sesak di dada.

  • Mencuci rongga hidung dengan larutan garam isotonik bisa membantu mengeluarkan sekret yang kental

Apabila setelah melakukan beberapa tips tersebut keluhan tidak juga membaik dan semakin mengganggua, maka kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan langsung guna mendapat terapi yang tepat.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel:

Sakit Kepala

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar