Sukses

Sering Kebelet Buang Air Kecil

07 Jan 2015, 22:30 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya akhir2 ini sering merasa sering kebelet buang air kecil dengan masa waktu 2 jam sekali.sebelumnya saya pernah didiagnosa epididmis TB dan sudah dilakukan biopsi.setelah dilakukan tindakan biopsi saya melakukan perawatan melalui obat2an.dan obat tersebut membuat sering buang air kecil dan kadang sulit ditahan hingga mengompol.selepas konsumsi obat saya merasa lebih baik.namun akhir2 ini saya merasa sering buang air lagi.mohon saran dan masukkanya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah buang air kecil yang sering/sering ingin buang air kecil, dalam istilah kedokteran disebut poliuria.

Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan Anda dalam sehari? Apakah Anda termasuk banyak minum?

Keluhan buang air kecil sering yang tidak berkaitan dengan asupan air minum dapat disebabkan oleh banyak hal. Keluhan buang air kecil yang sering tersebut, terutama pada pria, dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.
  3. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  4. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.
  5. Pembesaran prostat jinak. Sering terjadi pada pria memasuki usia 50 tahun karena ukuran prostat yang membesar dan menyumbat saluran kencing.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter spesialis urologi jika keluhan dirasa mengganggu.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar