Sukses

Gusi Bengkak dan Bernanah

02 Dec 2014, 16:46 WIB
Pria, 30 tahun.

mau tanya dok,,,gigi sya gusinya kalo bengkak biasanya bernanah tapi cepat hilang,,,,trus biasanya gigi sya juga tersa goyang kaya mau copot,,,gmna sya mengatsai keluhan pada gigin sy dok,,mohon bantuannya...makasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Ada kemungkinan yang sedang Anda alami adalah abses yaitu semacam bisul yang berisi nanah. Abses disebabkan oleh infeksi, dan umumnya diawali oleh karies (lubang) gigi yang tidak dirawat sehingga infeksi terus berlanjut hingga ke ujung akar gigi dan akhirnya menginfeksi jaringan pendukung gigi yaitu gusi dan tulang (disebut abses periapikal). Selain karena karies gigi, abses juga dapat diawali oleh infeksi dan peradangan jaringan pendukung gigi. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk, banyak penumpukan plak dan karang gigi sehingga merusak perlekatan gusi ke gigi. Akibatnya bakteri berkembang biak di bawah gusi, menyebabkan abses periodontal. Apakah terdapat gigi berlubang? apakah terdapat karang gigi? dan bagaimana kebersihan rongga mulut dan gigi Anda ?.

Misalnya pada gambar disamping, gusi yang lepas dari gigi membentuk kantong/poket yang dalam, dan biasanya menjadi tempat bakteri berkembang biak, dan dapat menjadi abses.

Cara pengobatannya tentu bergantung pada penyebab. Jika abses merupakan abses periapikal maka gigi penyebabnya harus dirawat, dengan perawatan yang disebut perawatan syaraf (disebut juga perawatan saluran akar/endodontik). Perawatan ini umumnya tidak selesai dalam satu kali kunjungan jadi pasien harus disiplin dalam mematuhi jadwal yang telah ditentukan untuk kunjungan berikutnya. Ada baiknya pasien cukup kritis saat sedang dirawat, dengan cara meminta penjelasan dari dokter gigi mengenai tahapan perawatan yang dilakukan. Hal ini untuk mencegah kesalahpahaman, karena banyak pasien yang enggan kembali lagi memenuhi kunjungan berikutnya karena gigi sudah tidak ada keluhan padahal perawatan belum sepenuhnya selesai. Perawatan yang tidak sempurna dapat menyebabkan gigi tersebut berpotensi untuk mengalami infeksi kembali di kemudian hari.

Jika abses merupakan abses periodontal maka harus dilakukan pembersihan karang gigi secara menyeluruh, dan ada kemungkinan dilakukan kuretase gusi dan penghalusan akar gigi untuk membersihkan permukaan akar gigi dari karang gigi dan bakteri. Pada kasus seperti ini pasien dapat diberikan obat antibiotik untuk mempercepat penyembuhan.

Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi yang kompeten yang berpraktek di sektiar tempat tinggal Anda. Jika daya tahan tubuh pasien lemah, abses dapat berlanjut terus menjadi makin parah jika tidak dirawat. Apa yang saya paparkan disini hanya berdasarkan asumsi dan dugaan karena tidak memeriksa pasien secara langsung, dan karena itu tidak dapat menggantikan pemeriksaan secara klinis.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar