Sukses

Kepala anak sering terbentur

07 Jan 2015, 22:42 WIB
Wanita, 30 tahun.

dokter, anak saya usianya 13bulan. mulai belajar jalan. pada waktu berjalan terkadang terbentur tembok/lantai. pertanyaan saya, apakah bahaya jika hal itu terjadi adakah akibat fatal yang dibawa anak saya sampai dewasa nanti. terima kasih untuk infonya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kepala memang merupakan bagian tubuh yang sangat rawan karena di dalam tulang tengkorak kepala tersimpan otak dan sistem saraf pusat lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan anak,  termasuk benturan kepala. Namun benturan kepala yang harus diwaspadai adalah bila diikuti dengan keluhan muntah, kejang, penurunan kesadaran atau sakit kepala terus-menerus.

Saat ini anda tidak perlu merasa khawatir bila anak anda tidak mengalami salah satu gejala yang saya sebut di atas, karena pada dasarnya kepala dilindungi oleh tulang kepala yang sangat kuat. Dibutuhkan benturan yang sangat kuat sehingga mampu menimbulkan gangguan/kerusakan di dalam kepalanya. Namun demikian, tindakan pencegahan merupakan tindakan yang jauh lebih baik daripada pengobatan. Tentunya anda juga tidak menginginkan sesuatu yang buruk menimpa anak anda. Oleh karena itu Kami sarankan sebaiknya jangan pernah tinggalkan anak anda sendirian tanpa pengawasan. Nasihatilah anak anda untuk lebih berhati-hati saat bermain. Semoga kejadian yang sama tidak akan terulang kembali.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar