Sukses

Hati-hati Minum Obat Saat Hamil

07 Jan 2015, 22:51 WIB
Wanita, 36 tahun.

Pagi dok, saya sdg hamil 28mgg, smlman ga bisa tdr anyang2an pipis2 terus, td pagi ke ugd cek lab. Ternyata positif ada bakteri.. lalu saya diberi obat antibiotik sanprima forte dan buscopan(hioscine-N,butylbromoide10mg,paracetamol 500gr. Amankah obat itu dikonsumai bumil?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sanprima forte merupakan antibiotik dengan komposisi kotrimoksazol yang indeks keamanaannya tidak dibolehkan bagi ibu hamil dan menyusui karena efek samping pada hewan menunjukkan gangguan pada janin (teratogenik). Obat seharusnya hanya diberikan jika memberikan keuntungan yang potensial memberiksan alasan terhadap bahaya potensial pada janin.

Sedangkan untuk obat buscopan, Pasien dalam kondisi hamil atau sedang menyusui tidak direkomendasikan untuk meminum buscopan plus karena tidak terdapat data pendukung yang mengatakan bahwa obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Sebaiknya Anda menghentikan penggunaan obat, dan kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda mengenai penggunaan obat tersebut.

Berikut kami sertakan artikel mengenai obat-obatan pada ibu hamil :

Obat-obatan di dalam kehamilan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar