Sukses

Merawat Prostat Agar Selalu Sehat

07 Jan 2015, 23:16 WIB
Pria, 55 tahun.

bagaimana cara merawat prostat agar selalu sehat...??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Prostat adalah sebuah kelenjar kecil sebesar buah kenari yang membungkus bagian atas uretra, saluran pembuangan dari kandung kemih. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Prostat biasanya berfungsi baik hingga kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya sampai usia 40-an atau 50-an. Walaupun ada pula yang mendapatkan masalah saat berusia 30-an.

Seiring pertambahan usia, prostat dapat berubah menjadi kelenjar pembawa derita karena menjadi mudah terinfeksi dan terkena penyakit – termasuk kanker. Pembengkakannya sering mengganggu proses buang air kecil. Hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat selama hidupnya. Gejala-gejala itu antara lain adalah sering buang air kecil, darah dalam air kemih, sulit pada awal buang air kecil, aliran yang lambat, dan perasaan bahwa hajat kecil belum selesai meskipun telah melakukannya.

Untuk mengurangi kemungkinan dan meringankan dampak gangguang prostat dapat melalui beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup. Berikut adalah caranya :

  • Menurunkan kolesterol. Dalam tubuh, kolesterol diubah menjadi testosteron. Berdasarkan pengamatan jaringan prostat yang membesar memiliki kandungan kolesterol tinggi sekali.
  • Kurangi asupan lemak Hindari makanan-makanan kaya lemak, seperti daging merah, produk susu,' dan goreng-gorengan. Batasi porsi sajian daging merah, ikan, atau ayam Anda tidak lebih dari 90 gram sehari. Perbanyak sayuran.
  • Jangan kekurangan mineral zink (seng). Penderita gangguan prostat cenderung kekurangan seng dalam tubuh mereka. Rekomendasi dari Dietary Allowance untuk mineral zink adalah 15 miligram per hari.
  • Batasi makanan sangat merangsang dan alkohol. Keduanya dapat meningkatkan iritasi pada kantung kemih, khususnya bila Anda menderita BPH. Alkohol bisa merugikan sekali, karena berfungsi menekan sistem saraf pusat yang membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih. Akibatnya urin tertahan.
  • Berolahraga. Banyak Pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat dibanding mereka yang lebih banyak duduk.
  • Jangan duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama membuat prostat Anda tertekan terlalu lama. Apabila pekerjaan menuntut Anda lebih banyak duduk, bangkitlah dan berjalan-jalan barang sejenak demi kebaikan Anda sendiri. Jangan menahan kencing.
  • Hindari minum banyak di malam hari. Jangan minum selewat pukul enam atau tujuh petang, apabila tidur Anda sering terganggu (misalnya, lebih dari dua kali dalam semalam) oleh keinginan untuk buang air kecil. Baik siang maupun malam hari, batasi minum minuman yang mengandung kafein.
  • Berendam. Duduklah di bak mandi air hangat selama 20 menit sekurangnya sekali seminggu. Kehangatannya akan meresap ke dalam panggul dan meningkatkan aliran darah di situ, mengurangi ketegangan otot-otot dan, mudah-mudahan, juga bengkaknya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar