Sukses

Memberikan MPASI

24 Dec 2014, 22:05 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi dok..salam kenal sebelum nya.saya mau tanya dok bayi saya sdh 6 bulan.dan sdh saya kenalkn makanan pendamping..kemaren saya kasih jus pepaya.tapi reaksi nya nafasnya ngrok2.dan siangnya muntah2 perut nya demam..dan rewel..apa mungkin krn lambung nya menolak makanan / dia nya yg blm siap diberi makann pendamping dok ?? *sebelumnya terima kasih :)

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Usia 6 bulan dianggap merupakan saat yang tepat untuk pemberian MP-ASI. Pada usia ini, saluran pencernaan bayi sudah cukup mampu untuk menerima makanan selain ASI. Selain itu, pada usia ini, kebutuhan gizi bayi sudah tidak lagi tercukupi hanya dengan pemberian ASI sehingga dibutuhkan sumber nutrient lain untuk mencukupi kebutuhannya. 

Untuk pemberian MP-ASI ini dimulai secara perlahan-lahan dan bertahap. Saat awal bisa diberikan makanan yang dicairkan, kemudian baru diberikan makanan yang lebih kental. Dapat dimulai dengan:

  • pemberian bubur susu
  • jus buah
  • kemudian tim saring
  • lalu tim cincang
  • baru diberikan makanan yang lebih padat.

Pada kasus anak Anda sebaiknya Anda memulai dari pemberian bubur susu, baru kemudian diikuti dengan pemberian jus buah (pepaya). Pemberian makanannya pun harus bervarisi, selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang semakin meningkat juga supaya bayi mulai belajar mengenali berbagai variasi makanan.

Pemberian MP-ASI yang terlalu dini dapat menyebabkan masalah pencernaan di kemudian hari. Makanan-makanan yang bisanya menimbulkan reaksi alergi seperti protein hewani atau putih telur sebaiknya diberikan sedikit demi sedikit. Bila ternyata bayi Anda alergi terhadap makanan tersebut, berikan penggantinya dengan kandungan nutrisi yang mirip.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar