Sukses

Nyeri Perut Paska Kuretase

21 Dec 2014, 18:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya ada dua pertanyaan, kmrin tgl 19 sept kn saya kuret mungkin sudah ada 1bln, dan kmrin tgl 17 okto haid pertma saya dan banyk sekali keluar darah sampe hri mau ke 7, tp skrg sudh tidak dan perut merada skit sekali apakah itu normal? Kemudian masalh yg kedua, saya kn sudh haid pertama pasca kuret apakah saya sudah boleh berhhubngan suami istri, karna perasaan tkt dn trauma sllu ada dipikiran tkt terjadi apa2? Ckup itu saja pertanyaan saya,mohon dijelaskan terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin dan memahami kondisi yang Anda alami. Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Umumnya setelah satu minggu dari kuretase, darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi sehingga tidak masalah untuk melakukan hubungan seksual. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Mengenai nyeri yang Anda alami setelah siklus menstruasi, hal tersebut perlu ditelusuri lebih lanjut apakah berasal dari organ reproduksi, faktor psikis atau organ lain di dalam perut seperti organ pencernaan dan saluran kemih. Jika nyeri tidak kunjung membaik dan semakinberat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Sebaiknya saat ini Anda memulihkan kondisi fisik dan emosional Anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, selain itu Anda dapat pergi berlibur ataupun melakukan hobi dalam mengisi waktu luang untuk menenangkan pikiran serta mengembalikan semangat serta energi Anda.

Kunjungi juga Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi seputar kehamilan.

Kami sertakan pula beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda :

Merencanakan Kehamilan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

Semoga Anda dan keluarga sehat selalu serta dapat segera memperoleh momongan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar