Sukses

Memperbaiki Posisi Gigi Gingsul

25 Nov 2014, 22:37 WIB
Wanita, 27 tahun.

maaf nh dok mau tnya lg.kl gisul bs masuk ga kl pasang beel dgn usia sy skrg 27th.thanks dok

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Posisi gigi yang gingsul selain tidak baik secara estetik juga dapat mengganggu kesehatan gigi serta jaringan sekitarnya. Kondisi gigi yang gingsul ini disebabkan oleh karena disorientasi arah tumbuhnya benih gigi. Untuk menentukan rencana perawatan, gigi Anda perlu diperiksa secara keseluruhan, dan perlu beberapa pertimbangan sebelum memutuskan apakah gigi tersebut perlu dicabut atau tidak. Jika dilakukan sesuai prosedur, pencabutan gigi tidak akan membahayakan tubuh, namun tentunya kehilangan gigi akan berdampak pada fungsi pengunyahan secara jangka panjang.  Alternatifnya adalah merapikan susunan gigi Anda dengan perawatan orthodontik (kawat gigi/behel). 

Akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai perawatan orthodontik (kawat gigi atau disebut juga behel) ada 2 macam , yaitu alat orthodontik lepasan dan cekat, masing-masing memiliki indikasi yang berbeda. Pasien dengan kelainan gigi yang ringan biasanya cukup dirawat menggunakan alat orthodontik lepasan .Untuk menentukan rencana perawatan , perlu dilakukan beberapa tahapan pemeriksaan. Sebelum pemasangan kawat, gigi pasien perlu dicetak lalu dibuat model gigi, untuk memudahkan perhitungan kebutuhan ruangan dan mengevaluasi gigi mana saja yang perlu digerakkan atau dicabut. Selain itu juga perlu pemeriksaan radiografi (foto rontgen) terutama bila pasien direncanakan untuk dirawat dengan orthodontik cekat. Dan memang perawatan ini meerlukan rentang waktu yang cukup lama yaitu tahunan bergantung dari keadaan gigi Anda.

Perlu atau tidaknya perawatan orthodontik pada seorang pasien sebaiknya didasarkan pada pertimbangan medis yang diambil oleh dokter gigi secara profesional setelah dilakukan pemeriksaan, oleh sebab itu Saya menyarankan Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar