Sukses

Operasi Untuk Anemia?

28 Oct 2014, 10:06 WIB
Pria, 31 tahun.

Saya anemia masih turun naik.bisa di sembuhkn tanpa oprasi .kalau di oprasi, oprasi apa yg gak usah di bedah,biaya berapa?,rumah sakit ny apa

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Apa penyebab anemia yang Anda alami? Berapa kadar hemoglobin Anda? Apakah ada riwayat transfusi? Adakah gejala lain yang Anda alami seperti mudah lelah, lemas, sesak napas, pembesaran organ perut, penurunan berat badan, perdarahan, kuning?

Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Penyebab umum dari anemia adalah anemia karena perdarahan, anemia karena berkurangnya pembentukan sel darah merah akibat kekurangan zat pembentuk (zat besi, vit B12, asam folat), anemia karena meningkatnya penghancuran sel darah (autoimun, pembesaran limpa), dan anemia karena kekurangan enzim G6PD (thalasemia, sickle cell).

Cara mengatasinya akan tergantung dari penyebab anemia tersebut. Apabila karena perdarahan maka hentikan perdarahan dan masukkan darah. Apabila karena kekurangan asupan maka tingkatkan asupan makanan. Anemia karena penyakit harus ditangani penyebab dasarnya terlebih dahulu. Untuk mengetahui penyebabnya diperlukan pemeriksaan laboratorium (pemeriksaan darah lengkap, darah tepi, cadangan besi, dll) terlebih dahulu. Anda dapat langsung konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.  

Operasi untuk anemia?

Semua operasi itu dilakukan oleh dokter bedah dan sebagian besar dilakukan pembedahan. Seperti yang sudah dijelaskan pengobatan anemia berbeda-beda tergantung penyebabnya, operas bukan lah pengobatan untuk anemia.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar