Sukses

Punggung Kesemutan dan Hamil 7 Bulan

20 Dec 2014, 22:48 WIB
Wanita, 31 tahun.

saya seorang ibu yg bernama riska sulvira.sekarang saya sedang mengandung usia 7 bulan jalan.saya kadang kadang merasakan kesemutan di daerah punggung tembus kedada.apakah kajadian seperti itu normal normal aja atau ada gejala suatu penyakit.saya berharap melalui media ini saya dapat mengerti sebanyak banyak info tentang kesehatan.

Terima kasih telah  menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nyeri/kesemutan pada punggung selama kehamilan bervariasi antara 35 – 60 %. Diantara semua wanita ini, 47 – 60 % melaporkan bahwa nyeri punggung terjadi pada kehamilan 5 – 7 bulan.

Nyeri/kesemutan punggung pada wanita hamil berkaitan dengan peningkatan berat badan akibat pembesaran rahim dan peregangan dari otot penunjang rahim karena hormon relaksan (hormon yang membuat otot relaksasi dan lemas) yang dihasilkan. Nyeri/kesemutan punggung ini memang biasa dan normal terjadi pada ibu hamil. Sebelum mengkonsumsi obat-obatan, Anda dapat mencoba cara seperti berikut untuk mengurangi nyeri punggung:

  • Pakailah sepatu berhak rendah (tapi tidak datar)

  • Hindari mengangkat benda berat

  • Lakukan posisi berjongkok ketika mengambil barang yang terjatuh dibandingkan dengan posisi membungkuk

  • Jangan berdiri terlalu lama, bila harus berdiri dalam waktu lama maka letakkan salah satu kaki di atas kotak kecil di bawah

  • Duduk di kursi yang memiliki penahan punggung yang baik, atau tempatkan bantal kecil dibelakang punggung dan letakkan kaki diatas kotak kecil di bawah

  • Tidur pada sisi kiri atau kanan dengan menggunakan guling diantara kedua tungkai untuk penahan

  • Berikan sebotol air panas dan usapkan atau mandi dengan air panas atau dipijat

  • Lakukan olahraga untuk memperkuat otot punggung

  • Berdiri dalam posisi yang benar. Berdiri tegak akan meredakan peregangan punggung

  • Hubungi tenaga kesehatan apabila mengalami nyeri punggung bagian bawah yang menjalar ke perut dan tidak membaik dengan perubahan posisi atau istirahat selama 1 jam. Hal ini mungkin merupakan tanda-tanda bersalin dini.

Perlu diingat bahwa apapun yang seorang wanita hamil makan atau minum dapat memberikan pengaruh pada janinnya. Seberapa banyak jumlah obat yang akan terpapar ke janin tergantung dari bagaimana obat tersebut diabsorpsi (diserap), volume distribusi, metabolisme, dan ekskresi (pengeluaran sisa obat). Sehingga perlu dipertimbangkan risiko dan keuntungan, tergantung dari kondisi masing-masing ibu.

Mengingat kandungan Anda sudah masuk dalam trimester 3, kami sarankan Anda untuk tidak langsung mengkonsumsi obat anti nyeri terlebih dahulu. Periksakan pada dokter kandungan Anda jika nyeri tidak menghilang dengan langkah-langkah di atas untuk kemungkinan adanya persalinan dini. Kami pun tidak menyarankan untuk melakukan hubungan suami istri saat Anda merasakan nyeri.

Sekian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar