Sukses

Perubahan Mood Gembira dan Sedih Tanpa Alasan

07 Jan 2015, 14:48 WIB
Pria, 22 tahun.

Hai dok saya merasa kalau diri saya sering berubah emut tnpa alasan, kadang saya terlalu gembira namun dalam be2rapa jam saya merasa sangat sedih, ketika sedih sya menjauh dri semua orng dan sring mnangis sya mrasa bhwa sya telah slah hidup d dunia ini. Hal Ini brlangsung sekitar 4 thunan semenjak sya mulai msuk kuliah awalnya karena sya dipaksa kuliah d jurusan yg tidak sya inginkan, smenjak itu prilaku saya berubah. Namun emosi saya ini menjadi sering kambuh akhir2 ini. Apakah itu tanda dari gangguan jiwa dok? Kalau memang cara antisipasinya seperti apa? Trimakasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan keluhan yang Anda utarakan, kami menduga bahwa hal tersebut disebabkan oleh suatu kondisi psikis yang disebut gangguan bipolar. 

Gangguan Bipolar yaitu perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi. Untuk memastikannya diperlukan wawancara lebih lanjut untuk memastikan diagnosis bipolar. Kelainan ini biasanya memang ditemukan pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kelainan bipolar, namun kelainan ini dapat dikontrol dengan pemberian terapi non-farmakologi (tanpa obat) dikombinasi dengan pemberian terapi farmakologi (dengan obat-obatan) secara terus menerus. Terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan antara lain dengan Psikoterapi dan dengan melakukan berbagai usaha-usaha untuk mengurangi stres, seperti dengan relaksasi, yoga, berolah raga, dll. Sementara obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol kelainan ini adalah obat-obatan mood stabilizer. 

Gejala Gangguan Bipolar:

  1. Mengalami depresi, terlihat kehilangan minat, murung, cepat lelah dan menarik diri dari lingkungannya selama beberapa minggu sampai bulan. Fungsi sosialnya terganggu secara jelas

  1. Mengalami manik, yaitu peningkatan mood, berbicara cepat dan kadang-kadang loncat dari satu id eke ide lain dengan cepat, secara sadar senang menghamburkan uang walaupun tidak memiliki banyak uang, perilaku ingin menyenangkan semua orang terlihat.

  2. Dua hal di atas harus terjadi secara bergantian, dalam kurun waktu minggu atau bulan. Dan mengganggu fungsi sosial penderita dengan jelas, misalnya pekerjaannya terbengkalai.

Faktor penyebabnya adalah:

  • Genetik

  • Terganggunya keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak yaitu Norepinephrin, dopamine, dan serotonin

  • Faktor eksternal lingkungan seperti stress, obat anti depresan, penyalahgunaan zat narkotika, kurang tidur. 

  • Faktor psikologis

Kabar gembira bagi Anda adalah, jika Anda memang mengalami gangguan ini  maka Anda tidak perlu khawatir karena gangguan ini dapat diobati dan penderita dapat menjalani kehidupannya dengan kualitas yang baik, tidak seperti pada gangguan jiwa skizofrenia yang harus diobati seumur hidup.

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter psikiatri. Wawancara lebih lanjut dengan dokter psikiatri akan memastikan diagnosis kelainan bipolar yang mungkin anda alami. Selain itu, penggunaan obat-obatan mood stabilizer pun hanya bisa diberikan dengan resep dokter dan perlu pemantauan ketat serta penyesuaian dosis oleh dokter psikiatri.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar