Sukses

Gangguan Bipolar

21 Dec 2014, 23:11 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat sore dokter, Saya ingin mengetahui bagaimana cara diagnosa gangguan penyakit bipolar? Saya ingin mengetahui cara diagnosa gangguan penyakit bipolar untuk memastikan apakah saya mengalami gangguan bipolar atau tidak. Saya sangat susah mengendalikan emosi, hal sekecil apapun bila itu menyinggung dan mengganggu saya, pasti emosi saya terpancing, dan harus saya lampiaskan saat itu juga. apabila tidak, saya tidak bisa tenang, saya tidak bisa befikir, saya tidak konsen bekerja, dan tidak bisa tidur. saya cenderung malas bergaul dengan orang lain, apalagi orang yang baru saya kenal, saya kadang tanpa alasan jelas merasa orang orang disekitar saya sangat mengganggu. apabila saya dalam keadaan kesal, nafsu makan saya hilang, sampai pernah dua hari berturut turut saya tidak makan. saya juga kadang beranggapan orang orang yang bergaul dan bersosialisasi kadang hanya pura pura dan banyak basi basi, itu alasan saya malas bergaul. saya juga gampang menaruh curiga terhadap orang lain apalagi pasangan saya, hingga pasangan saya tidak tahan dan meninggalkan saya. namun bila dalam kondisi mood yang baik, saya bisa ngobrol dan berbicara dengan orang lain tanpa beban, malah kadang merasa iba apabila ada seseorang yang mengalami nasib tidak baik. mohon dokter membantu saya. apakah saya harus melakukan diagnosa gangguan penyakit bipolar ke dokter spesialis?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Gangguan Bipolar yaitu perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi.Untuk memastikannya diperlukan wawancara lebih lanjut untuk memastikan diagnosis apakah Anda mengalami kelainan bipolar atau tidak. Kelainan ini biasanya memang ditemukan pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kelainan bipolar, namun kelainan ini dapat dikontrol dengan pemberian terapi non-farmakologi (tanpa obat) dikombinasi dengan pemberian terapi farmakologi (dengan obat-obatan) secara terus menerus. Terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan antara lain dengan Psikoterapi dan dengan melakukan berbagai usaha-usaha untuk mengurangi stres, seperti dengan relaksasi, yoga, berolah raga, dll. Sementara obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol kelainan ini adalah obat-obatan mood stabilizer. 

Faktor penyebabnya adalah:

  • Genetik

  • Terganggunya keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak yaitu Norepinephrin, dopamine, dan serotonin

  • Faktor eksternal lingkungan seperti stress, obat anti depresan, penyalahgunaan zat narkotika, kurang tidur. 

  • Faktor psikologis

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter psikiatri. Wawancara lebih lanjut dengan dokter psikiatri akan memastikan diagnosis kelainan bipolar yang Anda alami. Selain itu, penggunaan obat-obatan mood stabilizer pun hanya bisa diberikan dengan resep dokter dan perlu pemantauan ketat serta penyesuaian dosis oleh dokter psikiatri.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar