Sukses

Nyeri Perut Kanan Bawah

20 Dec 2014, 22:38 WIB
Wanita, 23 tahun.

Hi, Dok! saya ingin bertanya, saya sering sekali sakit perut di bagian kanan bawah yang sakitnya sampai pinggang belakang. pernah saya periksa dan di diagnosis kolik abdomen, tapi terkadang sakitnya saya rasakan di perut bawah sebelah kiri. Namun, sering kali terasa sakit yang sebelah kanan. Rasanya seperti panas, nyeri, di bagian perut bawah bahkan untuk bernafas serasa di tarik dan itu sakit sekali sampai ke tulang ekor. kira-kira gejala apakah itu dok? mungkinkah saya mengalami masalah dalam reproduksi? terima kasih responnya dok.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah, mulai dari kulit, otot, saraf, ginjal, organ reproduksi dan usus. Dari beberapa organ tersebut, penyebab tersering timbulnya keluhan nyeri perut kanan bawah adalah akibat adanya peradangan pada usus buntu (appendisitis) yaitu pada daerah perut kanan bagian bawah. Nyeri perut pada usus buntu umumnya dimulai dari daerah ulu hati, kemudian berpindah ke daerah perut kanan bawah. Biasanya keluhan nyeri perut pada usus buntu disertai pula dengan keluhan pencernaan (seperti penurunan nafsu makan, mual, muntah, diare, dll)  dan memiliki tanda yang khas pada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Demam juga dapat timbul, tetapi biasanya kenaikan suhu tubuh tidak akan lebih dari 38ºC. Jika ditemukan peningkatan suhu tubuh melebihi 38ºC maka kemungkinan besar sudah terjadi proses peradangan yang lebih luas di daerah perut.

Selain usus buntu, gangguan pada organ lain yang juga dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian kanan adalah gangguan ginjal, usus, organ reproduksi dan lain-lain. Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai usus buntu, Anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Appendisitis.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar