Sukses

Terjangkit Tungau Skabies Selama 3 Tahun?

20 Nov 2014, 21:55 WIB
Pria, 22 tahun.

Asslamu'alaikum dok.. minta penjelasan dan solusi nya.. Gatal di bagian kulit, diagnosa dokter katanya skabies.. bagaimana cara menghilangkan gatal (skabies) dan bekas luka dari gatal (skabies) itu, mohon jawaban nya.. karena ini sudah berangsur lama -+ 3 thun, tapi sekarang tidak seperti dulu(sering gatal). Kalau sekarang kadang muncul tiba2 di bagian tertentu, seperti di kaki bagian bawah (dekat jari 2 kaki).. terima kasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Skabies adalah penyakit yang disebabkan infestasi dan sensitisasi kulit oleh tungau Sarcoptes scabiei dan produknya. Penularan terjadi, karena Kontak langsung kulit dengan kulit penderita skabies (seperti menjabat tangan, hubungan seksual, tidur bersama) atau Kontak tidak langsung/melalui benda, (seperti penggunaan perlengkapan tidur bersama dan saling meminjam pakaian, handuk dan alat-alat pribadi lainnya miliki alat-alat pribadi sendiri sehingga harus berbagi dengan temannya.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini yaitu gatal yang hebat terutama pada malam hari atau saat penderita berkeringat,  timbul bercak terowongan tungau pada kulit yang tipis seperti di sela jari, pergelangan tangan dan kaki, ketiak, pusar, puting susu dan di bawah payudara (pada wanita) serta kelamin (pria).

Skabies cenderung menyerang individu dengan faktor resiko pada masyarakat yang hidup dalam kelompok yang padat seperti tinggal di asrama atau pesantren, Higiene yang buruk, Sosial ekonomi rendah seperti di panti asuhan, dll.

Tindakan yang perlu dilakukan demi mencegah penyebaran skabies yaitu dengan melakukan perbaikan higiene diri dan lingkungan, dengan tidak menggunakan peralatan pribadi secara bersama-sama dan alas tidur diganti bila ternyata pernah digunakan oleh penderita skabies, menghindari kontak langsung dengan penderita skabies.

Terapi tidak dapat dilakukan secara individual melainkan harus serentak dan menyeluruh pada seluruh kelompok orang yang ada di sekitar penderita skabies. Terapi diberikan dengan salah satu obat topikal (skabisid) di bawah ini:

  1. Salep 2-4 dioleskan di seluruh tubuh, selama 3 hari berturut-turut, dipakai setiap habis mandi.
  2. Krim permetrin 5%di seluruh tubuh. Setelah 10 jam, krim permetrin dibersihkan dengan sabun. Terapi skabies ini tidak dianjurkan pada anak < 2 tahun.

Dibutuhkan pemahaman bersama agar upaya eradikasi skabies bisa melibatkan semua pihak. Bila infeksi menyebar di kalangan santri di sebuah pesantren, diperlukan keterbukaan dan kerjasama dari pengelola pesantren. Bila sebuah barak militer tersebar infeksi, mulai dari
prajurit sampai komandan barak harus bahu membahu membersihkan semua benda yang berpotensi menjadi tempat penyebaran penyakit.

Bagaimana dengan Anda? Apakah gejala yang Anda rasakan sesuai dengan kriteria skabies? Sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter karena skabies yang menetap lebih dari satu bulan merupakan kriteria rujukan kepada dokter spesialis Kulit Kelamin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar