Sukses

Interaksi Obat Berotec dan Aminophilin

22 Dec 2014, 01:11 WIB
Pria, 24 tahun.

apakah berotec itu meningkatkan kadar konsumsi aminopilin? karena stlh menggunakan berotec aminopilin yg dikonsumsi lbh dr 1 biji apa yg hrs dlkukan untuk menurunkan kadar aminopilin?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berotec merupakan obat inhalasi yang mengandung fenoterol hydrobromide. Fenoterol digunakan untuk mencegah dan mengatasi bronkospasme(penyempitan saluran napas) yang berhubungan dengan asma bronkial, bronkitis obstruktif, emfisema, asma yang dipicu oleh olahraga, kelainan bronkopulmoner dan gangguan paru lain dimana terjadi bronkospasme(penyempitan saluran napas) seperti pada penyakit paru obstruktif kronis.

Interaksi obat yang dapat terjadi pada penggunaan obat ini yang dikombinasi dengan obat lain adalah sebagai berikut :

  • Efek Berotec diperkuat oleh obat β2 adrenergik(salbutamol, terbulatin, tretoquinol, fenoterol, rimiterol, prokaterol (Meptin), dan klenbuterol (Spriropent)), antikolinergik(ipratropium, deptropin), derivat xantin(aminofilin, teofilin).
  • Penurunan efek yang serius dapat terjadi jika diberikan bersama penyekat β2 seperti propanolol
  • Perhatian khusus bila obat diberikan bersama dengan MAOI(Monoamin Oxidase Inhibitor) seperti phenelzine, tranylcypromine atau antidepresan trisiklik seperti amitriptilin.
  • Inhalasi dari anestesi hidrokarbon terhalogenasi dapat meningkatkan kerentanan terhadap efek β2 agonis pada jantung dan pembuluh darah(kardiovaskular)
  • Meningkatkan efek epinefrin bila digunakan bersamaan dengan epinefrin

?Berdasarkan data yang kami paparkan diatas, penggunaan Berotec bersamaan dengan aminophilin memang dapat menimbulkan reaksi interaksi obat, dimana hal tersebut akan memperkuat dan meningkatkan efek berotec sehingga dapat menyebabkan gejala seperti perangsangan sistem saraf pusat berlebihan disertai gelisah, agitasi, tremor, takhikardia, palpitasi jantung, hilangnya koordinasi otot, pernapasan yang cepat dan dangkal dan kebingungan. Namun efek yang timbul pada setiap orang dapat berbeda tergantung pada respon tubuh masing-masing individu.

Apabila Anda menggunakan kombinasi dari kedua obat ini, selama penggunaanya sesuai dosis, tidak menimbulkan gejala dan berada di bawah pengawasan dokter, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun Apabila timbul gejala yang mengganggu, kami sarankan Anda segera berkonsultasi kembali dengan dokter Anda agar keluhan tersebut dapat segera diatasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar