Sukses

Makanan Untuk Menambah Darah

07 Jan 2015, 11:14 WIB
Wanita, 20 tahun.

Salam sejahtera Dr.. Mau konsultasi keponakan saya terkena demam berdarah,dan sekarang sudah sembuh tetapi 2 Minggu setelah fase penyembuhannya masih terlihat pucat, pernah saya tanyakan dengan dokter yg menangani katanya HB turun,kira2 obat atau makanan apa yg tepat untuk membantu meningkatkan HB dok.. Trimakasih...

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah. Sel darah merah mengandung komposisi hemoglobin yang berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh manusia. Kekurangan sel darah merah ini akan mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan tanda sebagai berikut letih, lesu dan lemas, cepat lelah, jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga, napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga, sulit berkonsentrasi, pusing, sakit kepala, pucat, kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki serta sulit tidur.

Anemia dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B-12, penyakit kronik, kehamilan dan kehilangan terlalu banyak darah seperti pada saat menstruasi.

Penanganan anemia sendiri bervariasi mulai dari konsumsi suplemen hingga tindakan medis terkait yang akan disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagian besar kasus anemia di indonesia terjadi akibat kekurangan zat besi. Terapi zat besi diberikan jika anda mengalami anemia defisiensi besi, namun tak jarang pula pada kasus anemia yang berat memerlukan tindakan transfusi darah. Pada dasarnya penanganan anemia diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya setelah dilakukan pemeriksaan.

Berikut ini merupakan beberapa makanan sehat yang tinggi zat besi, seperti:

  1. Bayam
    Ini adalah sayuran yang populer untuk mencegah anemia. Bayam amat tinggi vitamin A, kalsium, zat besi, dan vitamin serta mineral penting lainnya. Setengah piring bayam mengandung 3,2 mg zat besi.
  2. Ubi Bit
    Sangat tinggi zat besi yang membantu memperbaiki dan menambah sel darah merah. Bagi penderita anemia disarankan untuk mengonsumi ubi bit sebagai bagian dari diet.
  3. Daging Merah
    Pilihlah bagian daging seperti hati, ginjal, dan liver karena banyak mengandung tinggi zat besi. Konon, daging liver sapi mengandung lebih dari 600% zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.
  4. Roti Gandum
    Roti gandum adalah sumber zat besi yang amat tinggi. Satu roti gandum akan menghasilkan zat besi sebesar 6 persen dari jumlah zat besi harian.
  5. Telur
    Selain tinggi zat besi, telur merupakan sumber protein dan antioksida yang membantu melindungi tubuh bila terserang anemia. Satu telur mengandung 1 mg zat besi. Untuk melawan anemia, telur adalah makanan wajib bagi penderita anemia.

Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk hidup sehat. Olah raga secara teratur dapat meningkatkan asupan oksigen untuk mengalirkan darah. Rutin meminum suplemen penambah darah juga baik untuk keponakan Anda. Pilihlah suplemen yang teruji klinis yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk pembentukan sel dara merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat.

Jika keluhan keluhan lemas dan pucat semakin mengganggu, kami sarankan agar mengkonsultasikan kondisi keponakan Anda kepada dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar