Sukses

Penyakit Magg dan Kolesterol

21 Dec 2014, 01:03 WIB
Pria, 53 tahun.

Tanya masalah penyakit mah dan kolesterol

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sakit maag dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung karena asam lambung yang tinggi. Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
  • infeksi Helicobacter pylori
  • refluks cairan pankreas dalam lambung

Pada kondisi normal, permukaan dalam lambung manusia dilapisi oleh semacam mukus atau lendir sehingga terlingdung dari asam lambung yang dihasilkannya. Akibat dari adanya penyebab diatas, menimbulkan luka atau ulkus pada permukaan lambung sehingga terjadi kontak antara asam lambung dan jaringan dibawahnya yang berakhir pada rasa nyeri. Hal ini juga berlaku pada peningkatan asam lambung sehingga lapisan mukus atau lendir lambung tidak lagi mampu menetralisirnya.

Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Mengenai Kolesterol, Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai serba-serbi penyakit yang terkait dengan kolesterol dan tips mengatasinya pada Rubrik Kolesterol yang kami miliki.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan, Anda dapat kembali mengirimkan pertanyaan dengan lebih mendetil melalui fitur tanyadokter yang kami terdapat pada laman kami. Jika Anda ingin mengetahui tentang penyakit terntentu mulai dari gejala hingga penanganan Anda dapat mengunjungi Medis A-Z. Anda juga dapat mengunjungi rubrik spesialis untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berbagai kondisi kesehatan. Semoga informasi kami dapat selalu bermanfaat dan menambah pengetahuan kepada masyarakat banyak dan Anda pada khususnya. Dan kami berharap Anda menemukan layanan kami sebagai sumber informasi kesehatan yang terpercaya.

Kami sertakan Artikel terkait:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat selalu, terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar