Sukses

Masturbasi dan Kebocoran Katup Sperma
06 Jan 2015, 23:20 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, mau tanya, apakah benar onani bisa menyebabkan prostat mnjadi bocor dan bagaimana ciri-ciri prostat yang bocor tersebut, dan bagaimana cara menanggulanginya. trima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual.  Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari). Kebiasaan melakukan masturbasi dapat menimbulkan masalah psikis dimana timbul pikiran terus menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya. Tidak ada patokan waktu yang dapat digunakan untuk melakukan kebiasaan ini karena memang tidak dianjurkan secara medis, namun semakin sering dilakukan maka akan semakin dapat memberikan gangguan pola hidup seseorang (pola tidur, stres, gangguan panik/kecemasan, lemas, kurangnya konsentrasi yang pada akhirnya dapat juga menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi). Secara langsung, bermasturbasi tidak menyebabkan kematian maupun penyakit menular seksual.

Mungkin yang Anda maksud adalah kebocoran dari katup air mani/sperma. Frekuensi masturbasi yang terlalu sering akan menyebabkan perubahan kimiawi dalam tubuh. Perubahan kimia akan menstimulasi saraf parasimpatis yang akan menghasilkan hormone seks sehingga tubuh akan masuk kedalam mode stimulasi saraf simpatis, yaitu suatu mode dimana proses ejakulasi akan terjadi. Gejala yang kerap terjadi bila terjadi kebocoran katup air mani antara lain :

  • Semen menetes-netes. Dapat terjadi pada saat tidur, pada saat berpikiran tentang seks, pada saat mengedan sebelum dan sesudah buang air kecil dan pada saat sebelum berhubungan seksual.
  • Konstipasi
  • Sakit kepala
  • Depresi
  • Kurang konsentrasi
  • Nyeri punggung
  • Nafsu makan berkurang
  • Fungsi penglihatan menurun
  • Menjadi sering menyendiri 

Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebocoran katup tersebut adalah :

  • Mengurangi frekuensi masturbasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, berpuasa, beribadah, dan kegiatan positif lainnya. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi seperti melihat gambar atau membaca buku-buku yang merangsang.
  • Perubahan gaya hidup : Olahraga kurang lebih 45 menit dalam sehari, pola makan yang teratur. Menghindari alcohol dan obat-obatan terlarang.  
  • Mengosongkan kandung kemih (berkemih) sebelum tidur

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis andrologi agar mendapatkan pengobatan optimal.

Untuk informasi lengkap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, kami sertakan artikel: Bermasturbasi Pada Pria.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar