Sukses

Bibir dan Lidah Bayi Berselaput Putih

24 Dec 2014, 00:52 WIB
Wanita, 31 tahun.

Sore dokter,saya punya bayi umur 1 minggu,bayi saya kasih asi.yang jadi pertanyaan saya,kenapa bibir dan lidah bayi saya putih-putih..itu kenapa ya dokter?mohon solusinya.tks

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lidah yang berselaput putih pada anak usia 1 minggu dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah selaput karena bekas pajanan ASI, infeksi jamur, dan alergi. Setelah anak meminum ASI atau susu formula, sebaiknya lidah dan sekitarnya dibersihkan menggunakan kasa steril yang dibasahi dengan air hangat guna membersihkan sisa dari susu tersebut. Kasa dibalutkan pada 2 jari ibu dan kedua jari tersebut membersihkan lidah anak mereka.

Sisa susu yang bertumpuk dapat menyebabkan lidah berselaput putih. Anda dapat menggunakan sikat lidah untuk membersihkan lidah anak Anda. Sisa dari susu tersebut apabila terlalu banyak menumpuk dan tidak dibersihkan, akan menyebabkan mudahnya timbul jamur pada bayi / anak.

Selain itu, lidah berselaput putih dengan bercak-bercak seperti pulau yang berwarna kemerahan menunjukkan salah satu tanda alergi pada anak. Hal ini bukanlah merupakan suatu masalah dan tidak perlu diberikan obat. 

Lidah berselaput putih juga dapat disebabkan oleh jamur. Infeksi jamur dalam mulut disebabkan oleh jamur jenis candida albicans dan penyakitnya dikenal dengan nama Candidiasis. Beberapa obat-obatan dan masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan jamur Candida. Misalnya seseorang yang sering mengkonsumsi antibiotik kuat dan menyebabkan ketidakseimbangan flora normal, sehingga terjadi pertumbuhan jamur secara berlebihan. Tentu saja bila telah terjadi infeksi jamur dalam mulut pada anak merupakan suatu kondisi yang tidak boleh dibiarkan karena dapat merugikan kesehatannya dan selain harus dicaritahu penyebabnya juga harus diatasi. 

Untuk menentukan perawatan yang tepat, diperlukan penegakan diagnosa yang akurat. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk mengetahui tatalaksana yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar