Sukses

Nyeri Pada Punggung dan Hati

06 Jan 2015, 22:35 WIB
Wanita, 44 tahun.

Dok saya kena kanker hati, Primary HCC,perutnya jadi keras ,SGOTny 500,LDH 1700. Saya sudah kemo 2 kali,tapi kok muncul nyeri /perih sekalih di punggung sama bagian hati,bagaimana menguranginya ya dok,terus penyebabnya apa ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kanker hati  adalah pertumbuhan jaringan abnormal dan berlebihan di dalam hati. Kanker ini dapat berinvasi, bermetastasis (menyebar), dan menyebabkan destruksi atau penghancuran jaringan tubuh lainnya. Kanker merupakan terminologi neoplasma malignant atau tumor yang bersifat ganas. Pengobatan hepatoma sangat tergantung dari stadium kanker. Dapat berupa operasi, kemoterapi, transplantasi hati (belum terdapat di Indonesia). 

Angka kesembuhan dari kanker hati umumnya kurang baik, karena hanya 10-20% dari kanker hati yang dapat diangkat melalui operasi. Jika sel kanker tidak dapat diangkat, maka penyakitnya dapat menjadi fatal. Akan tetapi mereka yang bertahan sangat bervariasi jumlahnya. 

Keluhan yang Anda alami memang keluhan yang kerap terjadi pada penderita kanker hati. Semuanya saling berkaitan. Sebaiknya, diskusikan terlebih dahulu penanganan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Sehingga dapat mengurangi keluhan Anda dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar