Sukses

Jadwal Haid Berantakan

12 Nov 2014, 12:12 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok, saya mau bertanya saya terkadang memiliki jadwal haid yg tidak teratur paling lama telat hampir 2 bln. saya menikah tgl 16 agustus 2014 siklus haid saya tgl 30 juli 2014 selama 6 hari kemudian tgl 19 agustus saya haid lagi selama 5 hari. setelah itu sampe skrg saya blm haid testpack pun hasilnya negatif. dan saya ada keluhan keputihan. kenapa yh dok? mohon bantuannya terimakasih

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 2-8 hari, keluarnya darah haid berkisar 20-60 ml per hari.

Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Apakah ada dari faktor-faktor di atas yang Anda alami?

Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Sejauh sifat dari keputihan yang Anda alami seperti ini, maka masih fisiologis.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Untuk memastikan penyebab keluhan Ana, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan (SpOG) untuk pemeriksaan lengkap dan mengetahui penyebab dari siklus mentruasi Anda yang tidak teratur.

Siklus menstruasi yang tidak teratur memang dapat memberikan sumber kesulitan tersendiri bila Anda ingin memiliki anak, untuk itu sebaiknya segera diketahui penyebab siklus mentruasi Anda yang tidak teratur sehingga dapat segera ditangani dengan optimal.

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar