Sukses

Sirosis Hepatis

23 Dec 2014, 11:28 WIB
Wanita, 32 tahun.

Apai hati yangmengecil yang menyebabkan perut membengkak/perut berisi cairan..apa ada efek samping pada organ tubuh bila seseorang di sedot dengan kondisi orang tersebut sudah operasi prostat..makasih jawabanx dokter...

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang Anda maksud dengan hati mengecil adalah sirosis hati? Kami akan menjelaskan mengenai sirosis hati atau dalam dunia kedokteran disebut dengan sirosis hepatis. Sirosis hepatis merupakan kelanjutan dari kerusakan hati yang antara lain disebabkan oleh infeksi virus hepatitis kronik (B atau C) dan juga bisa akibat minum alkohol.  Selain itu, dapat pula akibat infeksi lain, obat, racun, autoimun, dan penyakit saluran empedu. Sebagian pasien (sekitar 10 persen) yang terinfeksi virus hepatitis B tidak dapat sembuh total dan penyakitnya menjadi kronik yang kemudian berlanjut menjadi sirosis. Kemungkinan untuk menjadi kronik pada orang yang terinfeksi virus hepatitis C jauh lebih besar.

Kerusakan hati akibat sirosis yang telah terjadi tidak dapat dikembalikan ke sediakala, namun pengobatan dapat menghentikan atau memperlambat kerusakan dan menurunkan timbulnya komplikasi.  Secara umum penatalaksanaan yang dapat dilakukan adalah istirahat yang cukup, makan makanan sehat dan menghindari minum alkohol. Olah raga ringan juga dapat membantu menghentikan dan memperlambat terjadinya sirosis. Obat-obatan lain diberikan bergantung pada komplikasi yang ditimbulkan oleh penyakit ini. 

Tidak ada gejala awal yang jelas kelihatan pada sirosis hati. Sirosis terjadi hanya ketika kerusakan sudah parah. Tanda-tanda keparahan itu:

  1. Kulit dan bagian putih mata berwarna kekuningan.
  2. Kelelahan.
  3. Sakit di perut bagian kanan atas.
  4. Nafsu makan dan berat badan berkurang.
  5. Perdarahan karena kemampuan pembekuan berkurang.
  6. Kaki atau perut membengkak.
  7. Payudara membesar pada laki-laki.
  8. Timbul jerawat merah di telapak atau di tangan.

Merujuk pada pertanyaan Anda, apakah sirosis hepatis dapat menyebabkan penumpukkan cairan dalam perut. Jawabannya adalah iya, salah satu gejala dari sirosis hepatis adalah penumpukkan cairan di perut (abdomen) yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan ascites. Apabila terjadi ascites, salah satu penanganannya adalah dengan cara penyedotan cairan tersebut (pungsi ascites). Tindakan pungsi Ascites tidak berkaitan dengan kondisi pasca operasi prostat karena kedua organ tersebut berada di dua saluran dan dua tempat yang berbeda dan tidak saling berkaitan secara langsung.

Terapi sirosis sesuai dengan penyebabnya, jadi apabila penyebab sirosis Anda adalah hepatitis maka terapilah hepatitisnya sampai tuntas. Apabila komplikasi tidak dapat teratasi dan sudah terjadi kegagalan fungsi hati maka terapi pembedahan berupa transplantasi organ hati dapat dilakukan. Sirosis hati merupakan indikasi dilakukan transplantasi hati. 

Berikut ini kami sertakan beberap artikel terkait untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar