Sukses

Efek Konsumsi Obat Peluruh Kandungan Pada Janin

06 Jan 2015, 21:30 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok sewaktu sy hamil 6 mgg sy meminum pil peluruh haid 7 butir...skrg sy sudh 33 mgg apakah pil yg prnh sy minum akan berpengaruh pd janin sy..sy hawatir akn adanya kelainan atw cacat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami memberi sedikit penjelasan. Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Proses abortus dapat berlangsung secara :

  1. Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)

  2. Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),

  3. Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi).

Untuk menjawab pertanyaan Anda, kami perlu mengetahui jenis obat yang dikonsumsi untuk menggugurkan kandungn tersebut, karena jika tidak diketahui jenisnya maka sulit juga untuk mengetahui efek samping dari obat tersebur. Informasi lainnya yang perlu diketahui adalah waktu konsumsi, jarak waktu hingga saat ini, dan efek yang terjadi pada saat konsumsi. Obat penggugur kandungan secara umum, dapat menyebabkan perdarahan berlebihan atau aborsi tidak sempurna secara fisik jangka pendek. Secara psikologis, proses pengguguran kandungan sendiri dapat menyebabkan gangguan emosi pada wanita.

Jika memang Anda khawatir, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan langsung. Dokter dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada organ reproduksi dan bayi di dalam kandungan Anda atau tidak. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui dengan jelas dan tepat kondisi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Semoga proses kehamilan dan persalinan Anda berjalan dengan lancar, Ibu dan bayi sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar