Sukses

Risiko TG Tinggi dan Efek Samping Gemfibrozil

21 Dec 2014, 02:14 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat siang dok, Saya mengkonsumsi obat gemfibrozil, apakah ada efek samping yang serius dok? Terus kadar triglyceride saya 186 apakah resikonya? Dan yang terakhir bagaimana cara menurunkan kadar triglyceride secara alami? Terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, Menurut American Heart Association, kadar trigliserida terangkum melalui tabel di bawah ini :

Level mg/dL

Level mmol/L

Interpretasi

<150

<1.69

Normal, risiko rendah

150-199

1.70-2.25

Ambang batas tinggi

200-499

2.26-5.65

Tinggi

>500

>5.65

Sangat tinggi, risiko tinggi

Kadar trigliserida yang dipercaya didapatkan setelah puasa 8-12 jam sebelumnya. Bagaimana dengan kadar trigliserida Anda? Keadaan kadar trigliserida yang tinggi dilatarbelakangi oleh konsumsi alkohol, peningkatan berat badan, pola makan yang memiliki kadar gula atau lemak yang tinggi serta gaya hidup malas berolahraga. Kadar trigliserida yang tinggi dapat berperan dalam proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung, dan stroke. Pada hasil pemeriksaan yang Anda paparkan, kadar trigliserida Anda berada pada ambang batas tinggi sehingga perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah.

Untuk menurunkan kadar trigliserida, yang dibutuhkan adalah mengurangi konsumsi lemak, alkohol, dan karbohidrat. Selain itu, olahraga aerobik atau olahraga yang membakar lemak perlu dilakukan. Kadar trigliserida tinggi juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi omega-3 yang banyak bersumber dari ikan. Secara umum, makanan yang baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Bahan makanan seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, ikan salmon, bawang putih, bayam, margarin, teh dan cokelat terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk nipis, apel, jambu biji, alpukat, mangga, bluberry, anggur dan lain-lain. Selain memperbaiki pola makan, Anda juga dapat melakukan aktivitas fisik/olah raga secara teratur yaitu 3-4 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing minimal 30 menit.

Obat gemfibrosil merupakan obat kolesterol golongan fibrat yang dapat membantu menurunkankadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Penggunaan obat ini dalam jangka waktu lama atau yang tak tepat dosis, dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti :

  1. Efek Gastrointestilan/saluran cerna (sakit bagian abdominal, dyspepsia, dan lain-lain), sakit kepala, mengantuk, ruam kuli, gallstones(batu empedu).
  2. Myalgia, myopathy, rhabdomyolysis yang agak jarang; lebih sering terjadi ketika dikombinasikan dengan obat golongan statin

Apabila Anda mengkonsumsi obat tersebut atas anjuran dan pengawasan dokter Anda, maka Anda tidak perlu khawatir karena dokter anda tentunya sudah mempertimbangkan baik buruknya penggunaan obat tersebut. Apabila Anda memiliki keluhan, segera kembali memeriksakan diri ke dokter Anda untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang dapat memberikan informasi lengkap bagi Anda:

Saat ini lakukanlah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat dalam 3 bulan ke depan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan profil lipid lengkap ulangan.

Kami sertakan juga artikel-artikel berikut:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar