Sukses

Morning Hypertension

18 Dec 2014, 18:59 WIB
Pria, 49 tahun.

saya hipertensi tetapi tensi saya suka tinggi kalau baru bangun tidur sampai 180/100 tetapi stlh itu bisa turun sampai 150/90. Kenapa kalau bangun tidur itu tensi suka tinggi ?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah Anda sudah mendapatkan pengobatan untuk hipertensi selama ini? Tekanan darah dalam sehari selalu berubah-ubah. Hal ini tergantung dari makanan, aktivitas fisik, dan stres emosional. Normalnya, tekanan darah meningkat saat kita bangun tidur di pagi hari, sesuai ritme circardian tubuh. Ritme circardian adalah siklus 24 jam, yang mempengaruhi pola tidur/bangun, serta rasa lapar.

Di pagi hari, tubuh melepaskan hormon seperti adrenalin yang memberikan suntikan tenaga, sekaligus meningkatkan tekanan darah, umumnya terjadi pada pukul 06.00 – 12.00. Bagi sebagian orang, tekanan darah mereka terlalu tinggi di pagi hari, yang disebut morning hypertension (tekanan darah tinggi di pagi hari). Yakni berada di atas 135/85 mmHg dalam 1-2 jam setelah bangun tidur.

Penelitian menunjukkan, pasien hipertensi yang spesifik memiliki morning hypertension beresiko lebih tinggi terhadap stroke, dibandingkan pasien hipertensi tanpa morning hypertension. Morning hypertension juga meningkatkan risiko terhadap gangguan jantung dan pembuluh darah lain. Hal ini berhubungan dengan perubahan pada irama dan ukuran jantung, yang bisa menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung.

Yang berisiko mengalami morning hypertension adalah para penderita hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 1 dan 2, perokok, peminum alkohol, kegemukan, dan mereka yang berusia di atas 65 tahun. Pasien hipertensi yang terkontrol pun 50% dapat mengalami morning hypertension.

Keadaan ini sering kali tidak terdeteksi, karena tidak disadari penderita. Selain itu, penderita biasanya berkonsultasi ke dokter setelah 2 jam dari bangun tidur, sehingga dokter tidak dapat mendeteksi adanya morning hypertension ini.

Akan lebih baik lagi bagi Anda yang memiliki risiko terkena morning hypertension ini, lakukan pemeriksaan tekanan darah rutin setiap setelah bangun tidur hingga 2 jam setelahnya, dengan jeda kurang lebih 30 menit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar