Sukses

Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

12 Nov 2014, 12:18 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya,, saya kb suntik yg 3bln dan baru 2 kali ikut kb ini. setelah saya ikut kb, haid saya tidak beraturan. lebih lama dari biasanya. seperti bulan ini hampir setiap hari darah keluar terus. yang ingin saya tanyakan apakah ini berarti kb yang saya gunakan tidak cocok? mohon jawabannya. terima kasih.

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.


Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormon ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

 

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan efek samping ini, bicarakanlah dengan dokter atau bidan Anda untuk mengganti kontrasepsi dengan pilihan-pilihan lainnya. Anda dapat mendiskusikan dengan dokter metode KB yang paling tepat untuk kondisi kesehatan Anda.

 

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

 
 
 

0 Komentar

Belum ada komentar