Sukses

Solusi Cervical Syndrome

24 Dec 2014, 12:11 WIB
Wanita, 62 tahun.

Dok, lengan kiri atas saya sudah 3 bulan sakit. Sudah kedokter katanya ada syaraf dileher belakang terjepit. Sudah terapi tusuk jarum, latihan dg senam, diurut, berkurang nya sedikit sekali. Apabila diam, makin sakit. Solusinya dok ? Saya harus ke dokter apa ? Dimana?

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan yang Anda alami adalah gejala dari cervical syndrome. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cervical syndrome.

Cervical syndrome adalah sindrom atau keadaan yang ditimbulkan oleh adanya iritasi atau kompresi pada radiks saraf cervical (leher) yang yang ditandai dengan adanya rasa nyeri pada leher (tengkuk) yang dijalarkan ke bahu dan lengan sesuai dengan radiks yang terkena. Rasa nyeri yang dijalarkan ini disebut nyeri radikuler, artinya bahwa rasa nyeri tersebut berpangkal pada tempat perangsangan dan menjalar ke daerah persyarafan radiks yang terkena, dimana daerah ini sesuai dengan kawasan dermatom. Manifestasi nyeri tengkuk dapat berlokasi di daerah tengkuk sendiri atau menyebar ke tempat lain, daerah sebaran yang terbanyak adalah anggota gerak atas dan kepala.

Berhubung cervical syndrome hanya merupakan kumpulan gejala maka terapinya akan bergantung pada etiologi yang didapat pada pemeriksaan. Sebagai contoh :

1. Bila penyebabnya adalah akibat dari trauma whiplast, maka dengan istirahat akan menjadi baik kembali.
2. Bila oleh karena spondilitis, maka dapat dilakukan rehabilitasi medik. Program rehabilitasi medik antara lain fisioterapi dan pemasangan alat bantu seperti cervical collar.

3. Bila disertai dengan tanda-tanda medula spinalis ikut terganggu dan pemeriksaan mielografi didapatkan adanya tumor, maka dapat dilakukan operasi.

Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk penanganan keluhan Anda lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar