Sukses

Memiliki Anak Dengan Down Sindrom

06 Jan 2015, 19:51 WIB
Wanita, 27 tahun.

Hai dok, anak pertama saya cwe down syndrome umur 6th. Apakah adik2nya nanti bisa DS juga? Bagaimana mencegah kehamilan dan kelahiran dn DS? Apa saja yg hrz saya lakukan untuk mencgah DS? Trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami perasaan khawatir yang Anda rasakan. Down Syndrome (DS) adalah kelainan kromosom (Trisomi 21), yaitu kondisi dimana material genetik ekstra menyebabkan gangguan perkembangan bagi anak, baik fisik maupun mental. Hal ini terjadi pada 1 dari 800 kelahiran hidup. Gangguan fisik dan masalah kesehatan bervariasi antara masing-masing anak. Perlu diketahui bahwa penyakit ini bukanlah penyakit menular dan merupakan penyakit yang berhubungan dengan kelainan genetik karena mutasi yang diturunkan.

Tanda-tanda yang muncul akibat Down syndrome dapat bervariasi mulai dari yang tidak tampak sama sekali, tampak minimal sampai muncul tanda yang khas. Tanda yang paling khas pada anak yang menderita Down Syndrome adalah adanya keterbelakangan perkembangan fisik dan mental pada anak.

Kemampuan Pembelajaran

Kemampuan berbicara menunjukkan perbedaan antara mengerti bahasa dengan mengungkapkan bahasa. Tidak umum bagi anak dengan DS memiliki keterlambatan bicara, namun umumnya mereka memerlukan terapis wicara untuk membantu mereka mengungkapkan bahasa, kemungkinan inilah yang anak anda butuhkan. Umumnya kemampuan motorik seperti berjalan terlambat, namun tentunya hal ini bervariasi. Pada anak ibu kemampuan motoriknya sudah baik, anak dapat berjalan.

Sebaiknya anak dengan DS juga dilakukan pemeriksaan rutin fungsi dari telinga tengah dan kemungkinan dari gangguan pendengaran, pemberian Alat Bantu Dengar (ABD) dapat membantu mereka mempelajari bahasa. Beberapa anak dengan DS dapat memasuki sekolah biasa, dan beberapa dari mereka membutuhkan sekolah khusus.

Banyak anak dengan DS juga memiliki masalah kesehatan, 40% dari mereka memiliki kelainan jantung kongenitas. Selain itu mereka juga rentan terhadap kejadian infeksi, gangguan pernapasan, gangguan pendengaran, dan masalah tiroid.

Down Syndrome bukanlah suatu kondisi yang dapat disembuhkan. Namun intervensi dini terhadap anak dengan DS dapat membantu mereka agar dapat hidup mandiri dan produktif sampai dewasa. Jadi yang saat ini diperlukan adalah agar orangtua dapat dengan sabar terus untuk mengajarkan anak mereka untuk berbicara, melatih mereka untuk mandiri agar mereka dapat hidup mandiri saat dewasa.

Jika Anda memiliki anak dengan down syndrome, maka terdapat kemungkinan untuk kembali memiliki anak dengan down sindrome pada kehamilan selanjutnya. Beberapa faktor risiko memiliki anak dengan down sindrom antara lain adalah kehamilan ibu di usia >35 tahun, ayah dengan usia tua dan memiliki anak dengan down sindrome sebelumnya.

Dewasa ini, deteksi sindrom Down dapat dilakukan deteksi dini sejak dalam kehamilan. Dapat dilakukan tes skrening dan tes diagnostik. Dalam tes diagnostik, hasil positif berarti kemungkinan besar pasien menderita penyakit atau kondisi yang memprihatinkan. skrining, tujuannya adalah untuk memperkirakan risiko pasien yang memiliki penyakit atau kondisi.  Pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi down sindrom dalam kehamilan seperti pemeriksaan screening serum maternal, pemeriksaan amniosentesis dan juga pemeriksaan screening USG.

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca:

Pemeriksaan Darah yang Aman untuk Deteksi Dini Sindrom Down

Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental

USG Akurat Deteksi Kelainan Janin

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar