Sukses

Kolesterol Tinggi Saat Menyusui

06 Jan 2015, 18:06 WIB
Wanita, 31 tahun.

dok...saya ibu dengan 3 orang anak yang paling kecil umur 11 bulan dan masih asi, kmarin saya cek kolesterol 344 dan itu katanya cukup tinggi, padahal seumur2 baru itu saya cek. yang ingin saya tanyakan? - ada pengaruh ke bayi gak kolestorel tsb, soalnya anak saya tsb kurang makan banyak minum asi. - terus saya gak berani minum obat karna masih menyusui, jadi solusi saya sekarang dengan rutin berolahraga. - bisa gak dok, dengan kolesterol 344 saya tidak minum obat cuma olah raga dan jaga pola makan. terima kasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mengurangi tingginya kadar kolesterol, Anda dapat melakukan diet rendah kolesterol dengan banyak sayur dan buah-buahan ,kurangi kosumsi makan makanan yang banyak mengandung lemak dan berolah raga sesuai kemampuan.

Tingginya kadar kolesterol dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu faktor keturunan dan pola hidup seperti kebiasaan makan, olah raga dan lain-lain. Untuk dapat menurunkan kolesterol, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. kurangi makanan fast food / junk food. Kadar kolesterol yang dikatakan normal adalah < 200 mg/dL. Untuk itu, untuk 3 bulan pertama dianjurkan untuk melakukan modifikasi gaya hidup dengan pola makan, istirahat dan olahraga yang baik.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang

Jika pada pemeriksaan ulang(evaluasi) setelah 3 bulan melakukan modifikasi gaya hidup, yaitu dengan memperbaiki pola makan dan oleh raga tidak dapat menurunkan kadar kolesterol maka diperlukan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol. Namun untuk dapat memilik obat yang tepat perlu diketahuo profil lipid(kolesterol) Anda dan setelah Anda tidak lagi dalam keadaan menyusui, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Anda juga dapat membaca lebih lanjut mengenai serba-serbi penyakit yang terkait dengan kolesterol dan tips mengatasinya pada Rubrik Kolesterol yang kami miliki.

Untuk diet yang tepat untuk mencegah kolesterol dapat Anda temukan dalam artikel artikel berikut ini.

Diet Kolesterol, Asam Urat dan Hipertensi

4 Makanan Turunkan Kolesterol

Kunjungi juga Rubrik Kolesterol yang kami miliki untuk informasi lengkap seputar kolesterol.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar