Sukses

Penyebab Mata Bengkak & Belekan

27 Oct 2014, 22:02 WIB
Wanita, 22 tahun.

Mata saya tiba2 bengkak sebelah. Mata terasa ngilu d dalam kelopak mata dan mengeluarkan belek yg bnayak. Knpa ya dok? Kbetulan bbrp hari yg lalu tmn saya sakit mata juga, apa menular?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mata bengkak, ngilu dan   belekan (mengeluarkan sekret) seperti yang Anda keluhkan dapat merupakan gejala dari infeksi dan/atau peradangan pada kelopak mata dan selaput mata. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret (kotoran) purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret (kotoran) serosa (tidak terlalu  kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik serta disertai rasa gatal maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal. Penyebab lain keluhan yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan bola mata (glaukoma). Oleh sebab itu, dibutuhkan pemeriksaan fisik mata dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan penyebab pasti keluhan yang Anda alami.

Penularan infeksi pada kelopak mata dan selaput mata mudah terjadi. Untuk mencegahnya maka hindari bertukar handuk atau lap muka atau sarung bantal dengan orang yang sedang terinfeksi, bertatap muka jarak dekat, dan saling meminjam kosmetik. 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan secara langsung untuk diagnosis tepat dan penanganan segera. Anda juga dapat membersihkan selalu mata Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar