Sukses

mengatasi bekas cacar

17 Dec 2014, 22:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya punya bekas cacar yg timbul seperti keloid, bagaimana cara mengatasinya? Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cacar air disebut juga dengan Varicela yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster , yang merupakan kuman enyebab herpes zoster . Penyebaran virus ini melalui udara . Cacar air gejala awal mirip seperti mau kena flu dimana badan terasa tidak enak , demam , cepat capek , flu ,nyeri sendi , sakit kepala . kemudian disertai gangguan pada kulit seperti keluarnya bintik kemerahan didaerah dada,perut ,punggung kemudian menjalar ke anggota gerak .

Selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng. Selama masa istirahat /karantina , sebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang sebaiknya menghindari pecahnya lenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidak menggosoknya dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, sebaiknya diberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol. Pastikan anda juga selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri. Konsumsi buah- buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu biji dan tomat merah yang dapat dibuat juice.

Varicella ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya serangan berulang saat individu tersebut mengalami panurunan daya tahan tubuh. Penyakit varicella dapat diberi penggobatan "Asiklovir" berupa tablet 800 mg per hari setiap 4 jam sekali (dosis orang dewasa, yaitu 12 tahun ke atas) selama 7-10 hari dan salep yang mengandung asiklovir 5% yang dioleskan tipis di permukaan yang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari. Larutan "PK" sebanyak 1% yang dilarutkan dalam air mandi biasanya juga digunakan.

Untuk menghilangkan bekas luka kehitaman yang dikibatkan oleh varicella dapat menggunakan salep yang mengandung hidroquinon . Zat ini berfungsi untuk mengelupaskan lapisan epidermis yang berwarna kehitaman agar makin lama makin pudar warna hitamnya dan akhirnya sama dengan kulit disekitarnya. Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan .

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar