Sukses

Vagina Keluar Cairan Setiap Berhubungan

17 Dec 2014, 21:53 WIB
Wanita, 26 tahun.

Sy indah,sdh menikah, sy berhubungan dgn suami 3x dlm smlman... knp ya dok klw melakukan aktftas bagian v sy selalu mengeluarkancairan.. bening lumayan bnyk... aeperti lg haid..? Tolg jelaskan apakah itu baik untukkandungan sy dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Vagina  mengeluarkan cairan saat terangsang merupakan keadaan yang wajar.

Kelenjar-kelenjar pada vagina dan mulut rahim (serviks) memproduksi cairan dalam jumlah sedikit. Cairan ini mengalir keluar dari vagina setiap hari, membawa sel-sel tua dinding vagina. Dengan proses ini, vagina dijaga agar tetap sehat dan bersih. Cairan ini normal dan biasanya bening atau sedikit seperti susu dan tidak berbau. Warna dan kekentalan cairan berganti-ganti selama siklus menstruasi. Cairan akan lebih kental ketika terjadi ovulasi (dikeluarkannya sel telur dari indung telur), ketika menyusui, atau ketika terangsang secara seksual seperti yang terjadi pada Anda. 

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
Berikut beberapa tips untuk mencegah keputihan:
  • Sering mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab
  • Menghindari penggunaan celana ketat yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat
  • Apabila ingin menggunakan panty liner pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan selama lebih dari 4-6 jam
  • Menghindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan ibu
  • Bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang menggunakan handuk.

Jika keluhan yang Anda rasakan saat ini sangat menganggu, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk penanganan lebih lanjut. 

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar