Sukses

Perubahan Payudara Pada Wanita Hamil

05 Jan 2015, 11:14 WIB
Wanita, 29 tahun.

Assalamu alaikum.. Dokter sy raty skrg hamil 22 minggu yg sy mau tanyakan skrg payudara sy sbelah kiri membengkak dan agk keras smenjak usia kandungan memasuki usia janin 3 bln sedangkan payudara sbelah kanan ukuranx normal..mohon bantuan dan solusi apakah masa khamilan sy normal sprti kehamilan ibu2 yg lain..terima kasih..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Dalam Kehamilan terjadi perubahan-perubahan dalam bentuk dan fungsi tubuh yang normal terjadi untuk mempersiapkan kondisi kehamilan itu sendiri, persalinan, dan ketika menyusu nanti. Salah satu perubahan tersebut terjadi pada payudara.

Normalnya, pada payudara wanita hamil akan terjadi perubahan seperti berikut;

  • Membesar

Sebelum Anda menyadari bahwa Anda sedang hamil, payudara sudah mulai membengkak. Kondisi ini biasa terjadi pada perempuan yang sedang hamil. Namun, pembesaran payudara yang dialami tak selalu membuat bra-nya bertambah satu nomor atau lebih. Kalaupun payudara Anda tidak berubah ukurannya, tak perlu khawatir. Hal itu tak akan memengaruhi kemampuan Anda untuk menyusui kelak. Sedangkan jika Anda merasa payudara sudah cukup besar, tunggulah hingga ASI memenuhi payudara dan membuatnya lebih besar lagi. T

  • Nyeri

Pada tahap ini Anda mungkin akan merasa marah bukan main ketika suami tanpa sengaja menyenggol payudara Anda. Maklum saja, payudara akan terasa membengkak dan nyeri. Namun kondisi ini akan pulih dengan sendirinya pada tiga bulan pertama kehamilan. Bila Anda sudah melalui masa-masa menyakitkan ini, cobalah untuk mencari bra khusus ibu hamil yang lebih pas. Gunakan selama kehamilan dan menyusui.

  • Keluar cairan

Pada trimester kedua, payudara biasanya akan mengeluarkan cairan. Warnanya mungkin tidak putih seperti susu, tetapi cenderung kuning atau oranye. Inilah yang disebut kolostrum, cairan pra-susu yang kaya protein dan akan memberikan nutrisi pada bayi selama hari-hari pertama kehidupannya. Awalnya Anda mungkin akan merasa jijik dengan keluarnya cairan ini, namun sadarilah bahwa cairan ini merupakan pertanda bahwa payudara Anda tengah bersiap untuk mengeluarkan ASI.

  • Muncul stretchmark

Masalah Kulit ini tidak hanya muncul pada perut yang membesar, stretchmark juga akan muncul di payudara. Seperti saat Anda memperlakukan stretchmark di bagian perut, gunakan krim anti-stretchmark untuk mengatasi masalah ini. Seiring dengan waktu stretchmark akan menghilang dengan sendirinya.

Pada umumnya perubahan ini berjalan bersamaan pada kedua payudara. Namun dipengaruhi oleh kondisi masing-masing individu itu sendiri, maka bisa saja perubahannya bertahap dan tidak bersamaan. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir. Dan sebaiknya lebih fokus untuk menjaga kesehatan Anda dan calon si buah hati.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar