Sukses

Solusi Sariawan Hilang Timbul dan Magg

17 Dec 2014, 01:08 WIB
Pria, 28 tahun.

Saya sering sariawan terus dan lama sekali hilang bahkan sampai 1 bulan lebih tapi setelah hilang sariawan nya pindah ke tempat lain begitu seterusnya. Saya juga punya sakit maag yang sdkit kronis. Gmn solusinya? Terima kasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Sariawan atau SAR merupakan penyakit yang umum ditemukan dan penyebabnya belum dapat dipastikan tapi terkait dengan beberapa faktor seperti stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol secara berlebihan tidak baik terhadap kondisi jaringan mulut Anda.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang sangat lunak atau makanan cair. Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya Saudara berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Sakit maag yang Anda rasakan di dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung oleh asam lambung yang tinggi. Karena gastritis ini sudah berlangsung lama maka disebut dengan gastritis kronik. Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang

  • infeksi Helicobacter pylori

  • refluks cairan pankreas dalam lambung

Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Pencegahan gejala adalah menghindari segala macam pencetus yang menyebabkan maag anda kambuh. Seperti telat makan, makan-makanan pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Pengobatan / terapi yang dilakukan disesuaikan dengan penyebabnya. Antibiotik digunakan apabila penyebabnya adalah bakteri. Apabila penyebabnya adalah obat-obatan /alkohol maka pemakaian sebaiknya dihentikan. Obat pengurang asam lambung seperti proton pump inhibitor/PPI(contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole), golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), atau antasida dapat digunakan untuk mengurangi gejala. Namun obat-obatan ini hanya dapat diberikan oleh dokter yang telah melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh terhadap diri Anda.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

6 Makanan Perparah Maag

Beda Sakit Maag dan GERD

Kembung: Sakit Maag atau Infeksi Bakteri?

 Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar