Sukses

Gejala Diabetes Insipidus

30 Oct 2014, 14:47 WIB
Wanita, 52 tahun.

sy rajin cek up koles lengkap n gula, saat ini koles telah normal tp dr th ke th sy cek up kdr gula sys setlah 2 pp selalu turun hr ini sy cek u lagi gula puasa 86 n 2 jpp 71 lama sy curiga ada sesuatu disana. dan sy baca di gogle yg indikasinya adlah dibetus insipidus karan sy tdk tahan nahan pipis dan pernah jk tidur jg ngompol, sering kehausan. dan insyaalooh sy jg tdk ada tumor dan jngan sampe he...he... sys hrs bagaimana dok, dan mhon sarannya.tks

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Gejala yang Anda paparkan tidak spesifik untuk menunjukkan gejala dari diabetes insipidus. Diabetes Insipidus adalah suatu kelainan dimana terdapat kekurangan hormon antidiuretik yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan (polidipsi) dan pengeluaran sejumlah besar air kemih yang sangat encer (poliuri). Diabetes insipidus terjadi akibat penurunan pembentukan hormon antidiuretik (vasopresin), yaitu hormon yang secara alami mencegah pembentukan air kemih yang terlalu banyak. 

Diabetes insipidus juga bisa terjadi jika kadar hormon antidiuretik normal tetapi ginjal tidak memberikan respon yang normal terhadap hormon ini (keadaan ini disebut diabetes insipidus nefrogenik). Penyebabnya macam-macam, diantaranya adalah kelainan fungsi hipotalamus dan hipofisis, tumor, TBC, cedera otak, dsbnya.

Gejalanya umumnya adalah rasa haus dan pegeluaran air kemih yang berlebihan terutama di malam hari. Dibutuhkan beberapa pemeriksaan seperti water deprivation test untuk menegakkan penyakit ini. Terapi akan disesuaikan dengan penyebabnya. Kami sarankan agar Bapak berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Sekian, semoga membantu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar