Sukses

Diet Rendah Kolesterol dan Rendah Asam Urat

21 Dec 2014, 19:52 WIB
Wanita, 43 tahun.

Dokter,1 minggu yg lalu saya tes darah, kolestrol 208, asam urat 8 dan tekanan darah saya 80/50. Padahal makanan yg saya konsumsi sudah sehat. Apa yang harus saya lakukan agar semuanya menjadi normal? Faktor apa saja yg mempengaruhi kondisi saya ini dok? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol Anda adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran, kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, dapat diberikan obat kolesterol atas pengawasan dokter.

Berikut nilai normal pemeriksaan kolesterol.

Kolesterol:

  • Kolesterol total: < 200 mg/dL

  • Trigliserida: < 150 mg/dL

  • HDL: > 55 mg/dL (pria) dan >65 mg/dL (wanita)

  • LDL: < 150 mg/dL

Dalam pencegahan Anda juga dapat menghindari makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung saturated fat seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati,  beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis. 

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  1. Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng.

  2. Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak.

  3. Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega.  Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas.

  4. Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal, roti gandum.

  5. Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan.

  6. Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah).

Untuk lebih jelasnya mengenai diet rendah lemak dan kolesterol, Anda dapat membaca beberapa artikel kami di bawah ini.

Untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai diet asam urat, kami sertakan artikel-artikel berikut:

Untuk mendiagnosis penyakit asam urat maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah. Setelah diketahui hasilnya tinggi namun tidak memberikan gejala maka perlu ditentukan perubahan diet dalam 3 bulan ke depan kemudian dilakukan pemeriksaan kadar asam urat ulangan. Jika masih tinggi maka dapat diberikan obat allopurinol yang perlu diberikan dalam pemantauan dokter dan tidak boleh diminum sembarangan.

Bila kadar asam urat tinggi dan memberikan gejala (misal: pembengkakan sendi) maka perlu mengunjungi dokter untuk terlebih dahulu diberikan obat anti radang. Obat anti asam urat baru diberikan setelah peradangan mereda. Selain itu, perlu juga dilakukan pemeriksaan fungsi ginjal.

Obat anti asam urat tidak menyebabkan ketergantungan, namun pemakaiannya harus ada dalam pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar