Sukses

Keputihan Abnormal Pada Anak

17 Dec 2014, 01:41 WIB
Pria, 28 tahun.

dok saya prafa. mau tanya anak saya umur 3th.vaginanya mengeluarkan warna cairan hijau. sudah saya priksakan ke dokter spesialis anak... obat sudah habis masih belum sembuh... saya kasian sama anak kalo d ajak ke ruma sskit trauma sama dokter...tolong kasi solusinya dok

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami perlu bertanya apakah sebelumnya ada trauma kepada kemaluan anak Anda?

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Pada anak Anda, keluarnya cairan hijau dari kelamin itu yang disebutkan sebagai keputihan abnormal. Keputihan jenis ini kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi, bisa infeksi parasit ataupun bakteri. Berdasarkan informasi yang Anda paparkan, sebelumnya Anda sudah berkonsultasi dengan dokter, apa yang dokter anak Anda katakan? apakah penyebab keluhan tersebut? apakah sudah dilakukan pemeriksaan laboratorium terhadap cairan tersebut?

Sayangnya kami mengalami kesulitan dalam mendiagnosis keluhan anak Anda dikarenakan kurangnya informasi serta keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan kondisi yang anak Anda alami dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter akan melakukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis seperti pemeriksaan kultur cairan vagina yang berwarna hijau secara mikroskopis(dengan mikroskop). Dari pemeriksaan tersebut dapat diketahui mikroorganisme oenyebab dan infeksi apa yang terjadi. Dengan demikian, pengobatan yang akan anak Anda terima lebih tepat dan optimal karena disesuaikan dengan penyebabnya. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat membantu

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar