Sukses

Mata Terasa Gatal & Minus Bertambah Setiap Tahun

28 Oct 2014, 15:57 WIB
Wanita, 17 tahun.

Kenapa ya dokter mata saya sering gatal kadang terasa pnas dan minus tiap thun bertmbah

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Diagnosis suatu kelainan mata selain berdasarkan anamnesis , yang terpenting adalah pemeriksaan fisik mata, melihat kelainan yang mungkin ada. Dari hasil pemeriksaan mata akan diketahui kelainan mata dan penyebabnya. Namun, kami akan mencoba menjawab pertanyaan yang Anda ajukan.

Mata Gatal

Mata gatal dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

  • Alergi

  • Kojungtivitis, baik konjungtivitis bakteri, konjungtivitis virus, dll

  • Mata kering akibat kurangnya air mata

  • Entropion, yaitu suatu kondisi dimana bagian tepi kelopak mata melipat kedalam sehingga bulu mata menggesek permukaan mata. Biasa terjadi pada orang tua.

  • Dll.

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya mata gatal, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab timbulnya keluhan gatal pada mata anda. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan oleh dokter melalui wawancara dan pemeriksaan mata secara langsung. Jika mata gatal disebabkan oleh alergi dokter akan memberikan obat anti alergi (antihistamin) atau tetes mata steroid, jika disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus maka dokter akan memberikan tetes mata antibiotik atau antivirus, jika disebabkan oleh berkurangnya air mata maka dokter akan memberikan air mata buatan, dan lain sebagainya.

Periksakanlah mata anda ke dokter yang biasa anda kunjungi. Penegakkan diagnosis yang lebih dini akan memberikan hasil yang lebih baik. Sebaiknya tidak sembarangan memberikan obat tetes mata karena alih-alih ingin menyembuhkan justru dapat menyebabkan efek samping.

 

Minus Bertambah Setiap Tahun

Mata minus (miopia) dapat terjadi di salah satu mata atau keduanya. Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak. Pemakaian bahan alami biasanya digunakan untuk mencegah penambahan minus, seperti makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). 

Mata minus selain dipengaruhi oleh faktor genetik bentuk bola mata juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti yang telah dipaparkan di atas. Kecepatan terjadinya minus juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari. Penggunaan ukuran kacamata yang tidak sesuai, sering membaca/ menatap layar dalam jarak dekat meningkatkan risiko bertambahnya minus. Selain itu, sebaiknya Anda jangan melepas-pakai kacamata, karena akan menambah resiko penambahan minus. 

Untuk informasi lengkap Anda, saya sertakan artikel mengenai: 

9 Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Tips Agar Mata Tetap Fresh

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar